280 Pelajar Ikuti Robotic Competition

Reporter/Foto : M. Taufik Hidayat

 

B-CHANNEL – Ajang Lomba Robotic Animation Competition and Exhibition (RACE) 2017 kembali digelar. Tahun ini, perlombaan digelar di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor, Lantai 3, Jalan Siliwangi, Kota Bogor, pada Minggu (19/03/17). Sebanyak 280 peserta dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA Se-Jabodetabek, mengikuti lomba ini.

Penanggung Jawab Acara, Hanif Hidir Syahid, menjelaskan, ada 12 kategori yang diperlombakan yaitu, 1 Dimension, 2 Dimension, Wedo, Basic Mechanic, NXT Mindstrom, MRT Sumo, MRT Soccer, Kinder Mission, Rero Survival Robot, Stickfigure Animation, 2D Animation dan Coloring.

img_20170319_212522

“Untuk juaranya itu ada 6 kategori, yakni Juara 1,2,3 dan Juara Harapan 1,2,3. Semua pemenang akan mendapatkan piala, uang tunai dan sertifikat. Selain itu, untuk pemenang juara 1 akan diberikan vocher diskon berupa tiket dan diikut sertakan dalam Kompetisi Robotic Internasional, di Malaysia sekitar bulan Agustus mendatang,” jelasnya.

Sementara, Pembina Yayasan Insan Mustaniir Sejahtera (YIMS), Putri Harimurti, mengatakan, ini merupakan kompetisi tahunan atau kegiatan akbar Roboratory Bogor sejak 2014 lalu, dan RACE 2017 ini yang ketiga dilaksanakan.

img_20170319_212540

“Kegiatan ini dimulai dari intern kemudian, untuk mengukur kemampuan kita dilaksanakanlah RACE pertama yang diikuti sekitar 130 peserta, di Mall Bogor Trade World (BTW), setelah itu meningkat ke ekstern juga RACE kedua, di Mall Belanova, Sentul, diikuti 170 peserta. Nah, sekarang ini kita mulai mengikuti dengan mitra-mitra yang lain dan mengalami peningkatan sampai saat ini. Selain itu, Yayasan IMS juga telah bekerjasama dengan IYRC (Indonesia Youth Robotic Competition)”, ungkapnya.

img_20170319_212435

Di sisi lain, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bogor, Fahrudin, menambahkan, dilaksanakannya kegiatan ini semoga bisa membuat anak-anak yang memiliki talenta dan hobi, bisa terbantu untuk meningkatkan potensi dan kompetensinya. Selain itu, bisa memotivasi untuk terus mencoba, meningkatkan, memahami, bahkan mempunyai cita-cita ingin membuat sebuah robot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: