30 Finalis Mojang Jajaka Unjuk Kabisa di Depan Umum

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Sebanyak 30 finalis Mojang Jajaka (Moka) Kota Bogor menampilkan kemampuannya di ajang Unjuk Kabisa, yang dilangsungkan di Bogor Trade Mall (BTM) Rabu (23/8/17).

Sebelumnya, terlebih dahulu para finalis ini diarak menggunakan delman menyusuri Kota Bogor yang dimulai dari Balaikota menyusuri Jalan Djuanda, Jalak Harupat, Sempur, kemudian berputar di Taman Kencana, Jalan Padjajaran, Jalan Otista, dan berakhir di Bogor Trade Mall (BTM). Aksi pawai ini, juga merupakan bagian dari kegiatan Unjuk Kabisa dalam memperkenalkan seluruh finalis agar dikenal masyarakat Kota Bogor.

Kepala Bidang Pariwisata Disparbud Kota Bogor, Susi Susilowati, mengatakan, ini adalah hari kelima dari sejak pertama dilaksanakan pada 13 Agustus hingga nanti babal final tanggal 26 Agustus. Pantia tidak menentukan peserta harus menampilkan apa. Mereka bebas memilih sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, mulai dari tarian, puisi, dan pidato. Unjuk kabisa sendiri dinilai langsung oleh tim juri serta disaksikan umum.

“Ke-30 finalis yang tampil di unjuk kabisa merupakan peserta Moka yang telah berhasil melewati berbagai tahapan ataupun penyaringan. Dari mulai administrasi, tes tertulis, wawancara, kemampuan berbahasa Inggris dan Sunda, serta berbagai tes lainnya. Total keseluruhan peserta ada 200 orang, kemudian setelah melalui penyaringan menjadi 100 orang, lalu di seleksi kembali menjadi 30 finalis yang terdiri dari 15 jajaka dan 15 mojang,” terangnya.

Senada, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengungkapkan, terimakasih kepada pihak BTM yang selalu memberikan kesempatan kepada Disbudpar untuk bisa seringkali melakukan berbagai kegiatan disini. Disamping itu, selamat juga kepada 30 finalis yang hari ini melaksanakan Unjuk Kabisa untuk melaju ke babak final pada 26 Agustus nanti di gedung Kemuning Gading.

“Ajang ini bukan hanya untuk memilih yang terbaik tapi juga untuk menjadi duta pariwisata, budaya, kesehatan, lingkungan hidup, dan dutanya keselamatan kerja di Kota Bogor. Dan nantinya para duta ini harus siap jika diminta bantuannya untuk menjadi pembicara mengenai pariwisata, budaya, kesehatan, lingkungan hidup, dan lain-lain. Itu yang menjadi tugas moka disamping juga bisa menjalin kerjasama dengan paguyuban moka di tiap daerah seperti Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan juga Cianjur,”ungkapnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman yang hadir membuka acara menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah rutin berjalan setiap tahun ini. Di ajang Unjuk Kabisa, ia berharap, para finalis mampu menampilkan seluruh kemampuan juga keahlian masing-masing agar dapat memperoleh nilai lebih.

“Saya percaya, semua finalis yang tampil di unjuk kabisa adalah pemenangnya. Kalian semua merupakan generasi muda Kota Bogor yang terbaik, yang menjadi harapan kami semua,” pungkasnya.

 

Reporter/Foto: Andi M Ridwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: