48% Pencari Rumah adalah Anak Muda, Di Mana Saja Area Incaran Mereka?

B-CHANNEL– Selama ini mungkin stigma anak muda hanya pintar bersenang-senang dan tidak memikirkan masa depan telah beredar luas di masyarakat. Padahal kenyataannya ternyata banyak juga di antara mereka yang mementingkan kehidupan masa tua. Hal ini bisa terlihat dari hasil sebuah survei yang bisa dikatakan cukup mencengangkan.

Faktanya sebanyak 48% pencari rumah saat ini adalah mereka yang berusia 25-32 tahun. Sementara, pencari rumah yang sudah berusia 33-44 tahun hanya sebanyak 20% saja. Temuan ini sudah bisa menjadi acuan bahwa sebenarnya anak muda memang memikirkan mengenai pembelian rumah untuk bermukim.

Menariknya, preferensi mereka tentang daerah mana yang dipilih untuk bermukim juga berbeda dan menyebar di beberapa titik, bukan hanya di Jakarta. Pilihan tersebut dilatar belakangi oleh beberapa faktor seperti harga, kemudahan akses serta ketersediaan transportasi umum.

Dan berikut adalah area yang paling diincar dan pas dengan kriteria generasi muda dalam mencari rumah:

Tangerang Selatan
Munculnya berbagai tempat hangout baru dan munculnya area perkantoran bergengsi adalah dua faktor utama yang dinilai menggenjot tingginya minat anak muda untuk memiliki hunian mereka di Tangerang Selatan. Saat ini, sebanyak 67,54% lahan sudah digunakan untuk area pemukiman dan diprediksi akan terus meningkat sebab didorong pula tingkat pertumbuhan ekonomi yang bagus juga pembangunan infrastruktur yang merata.

Depok
Dikenal pula sebagai Kota Belimbing, Depok kian menunjukkan taringnya sebagai kota pilihan. Laju pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7% semakin menarik atensi. Ditambah, baru saja mendapatkan penghargaan sebagai Kota Ramah Anak, dinilai pas untuk anak muda yang akan segera menikah dan memutuskan untuk memiliki anak.

Bogor
Sesuai data yang dirilis oleh Pemerintah Kota Bogor, bahwa 69,88% lahan pada tahun 2001 di Kota Hujan sudah dipakai untuk perumahan maka potensi mengenai hunian di sini pun sudah pasti sangat besar. Akses transportasi yang sangat mudah untuk menjangkau Ibukota dan pertumbuhan di setiap sudutnya adalah nilai utama. Harga rumah Kota Bogor juga masih terjangkau untuk kantong anak muda.

Yogyakarta
Citranya sebagai kota yang mampu memberikan ketenangan, Yogyakarta dipilih oleh mereka yang sudah bosan dengan hiruk pikuk kota yang tak ada habisnya seperti Jakarta. Masyarakat yang ramah, harga rumah nan murah, alam yang asri dan udara bersih ialah andalan juga alasan banyak anak muda memilih untuk jatuh hati dengan Yogya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: