Ahli Litkayasa: Potensi Ternak Kambing Perah Sangat Menjanjikan

B-CHANNEL, CIAWI – Potensi peternakan yang menjanjikan dari segi penghasilkan adalah mengembangkan ternak kambing perah. Terlebih, saat ini peminat kambing perah khususnya di Jawa Barat dan Jabodetabek sudah mulai ramai. Sebab, nilai jual harga susunya pun lebih tinggi dibanding dengan ternak domba penggemukan.

Hal tersebut dikatakan Eko Koswara Ahli Penelitian dan Rekayasa (Litkayasa) Balitnak saat memberikan pengarahan tentang Tata Laksana Pemeliharaan Kambing Perah di Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Jalan Veteran III Ciawi Bogor kepada wartawan, Jum’at (22/12/2017).

Menurut Eko, saat ini harga susu kambing perah perliternya sudah mencapai Rp 35-40 ribu dan pasarannya pun sangat bagus. Sementara, untuk di Bogor sendiri harga terendah pasarannya itu minimal Rp 25 ribu dan tertinggi Rp 30 ribu per-liternya.

“Bahkan, suplai susu kambing perah di Kabupaten Bogor tidak bisa mencukupi permintaan kebutuhan konsumen. Makanya, untuk menutupi kebutuhan Balitnak suka minta bantuan ke petani binaan yang ada di Cigombong, karena di Balitnak sendiri dalam sebulan hanya bisa mengeluarkan 1200 liter susu,” katanya.

Lanjut Eko, dengan adanya kegiatan Inovasi Tekhnologi Balitnak ini diharapkan para peserta khususnya peternak-peternak yang memiliki kambing perah tidak merasa bingung lagi mengenai cara memasarkan dan memeliharaannya.

“Dengan begini kan para peternak akan tahu kemana arahan dan tujuan usaha kambing perah ini. Sehingga, peternak-peternak yang memelihara kambing perah nantinya mendapat penghasilan yang lebih layak.

Dengan bertumbuhnya peternak baru otomatis dari segi peternakan kambing perah bakal mulai diminati. Mengingat khasiat susu kambing perah itu bisa dipakai obat untuk penyakit dalam, seperti asma, tbc, peroko berat, mag dan bronkitis. Apalagi, Balitnak sendiri mengadakan ternak perah sejak tahun 1993.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: