Akhirnya, Sengketa Lahan Warga Cimande Hilir Dengan Tol Bocimi Selesai

B-CHANNEL, CARINGIN – Warga Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, akhirnya bernafas lega. Pasalnya, permasalahan tanah wakap milik warga yang terkena gusuran jalan Tol Bocimi mendapatkan solusi penyelesaian.

“Soal tanah wakap milik warga Cimande Hilir yang terkena gusuran jalan Tol Bocimi sudah selesai. Dimana, dari awalnya sekitar 500 meter, sekarang tanah penggantinya menjadi 7500 meter,” kata Udi salah satu wakip dari ahli waris pemilik tanah tersebut, Sabtu (14/4/2018).

Ia menerangkan, lokasi ruslagh wakap seluas 7500 meter itu, tidak berada di satu lokasi, melainkan ada di tiga titik. Yaitu di kampung Warung Menteng seluas 5000 meter, kampung Cimande Hilir 500 meter dan 2000 meter di kampung Batu Kembar.

“Meskipun lokasi terpisah-pisah atau tidak berada di satu titik, tapi alhamdulilah, penggantinya dapat lahan wakap tiga kali lebih luas dibandingkan lahan sebelumnya,” ungkapnya.

Untuk tanah ruslagh di kampung Tengek, sambung Udi, akan tetap dibangun satu buah mushola sebagaimana keinginan warga. Sedangkan, sisa lahan lainya diserahkan lagi kepada warga. “Kita balikan lagi ke warga, yang penting bisa berguna dan bermanfaat untuk kemaslahatan bersama,” tegasnya.

Dengan selesainya persoalan ini, Udi mengucapkan rasa terima kasih terhadap pihak tol khususnya Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor yang sudah berupaya membantu hingga memediasi jalannya proses penggantian lahan ruslagh. “Saya beserta warga kampung Tengek, Cimande Hilir mengucapkan terima kasih, karena keinginan warga bisa cepat tercapai hingga ke penentuan lokasi dan luas tanah ruslagh,” tutupnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: