Aneh.. Kecoa Masih Bisa Hidup Meski Tanpa Kepala

B-CHANNEL – Kecoa, Lipas atau Coro, siapa yang tidak kenal dengan binatang yang satu ini? Bahkan banyak orang yang merasa jijik saat melihat. Nah, pasti banyak yang belum tahu kalau kecoa tenyata masih bisa bertahan hidup meski sudah tak berkepala.

Dilansir dari New Scientist, Ahli fisiologi dan Biokimia University of Massachusetts Amherst, Joseph Kunkel mengemukakan bagaimana kecoa dapat hidup tanpa kepala sedangkan manusia tidak bisa.

Menurut Joseph, pada dasarnya, ketika pemenggalan kepala pada manusia mengakibatkan kehilangan darah dan tekanan darah yang dapat menyebabkan gangguan terhadap sirkulasi oksigen serta nutrisi pada jaringan vital tubuh.

Selain itu, manusia bernafas melalui hidung dan mulut, dimana otak mengontrol sistem pernafasan sehingga jika tidak ada kepala pernafasan pun berhenti, ditambah lagi manusia tidak dapat makan tanpa kepala.

Nah, sedangkan kecoa tidak memiliki tekanan darah seperti manusia. Mereka juga tidak punya jaringan pembuluh darah untuk dilalui darah. Tetapi, mereka mempunyai sistem peredaran darah terbuka dimana distribusi darah ke seluruh tubuh tidak selalu melewati pembuluh darah. Darah bisa secara langsung menuju ke jaringan tubuh tanpa melalui pembuluh darah.

Meskipun tanpa kepala, kecoa tetap bisa bernafas melalui spirakel, yakni lubang ventilasi kecil di bagian-bagian tubuhnya. Sistem pernafasan kecoa ini tidak dikontrol oleh otak dan oksigen pun tak diangkut oleh darah. Lubang spirakel itu langsung menuju ke jaringan tubuh melalui serangkaian tabung yang disebut trakea.

Perlu diketahui, Kecoa merupakan hewan poikiloterm atau berdarah dingin. Disamping itu, ada satu keuntungan lagi bagi kecoa, yaitu mereka membutuhkan jauh lebih sedikit makanan dibanding manusia. Seekor kecoa bisa bertahan hidup tanpa makanan selama berminggu-minggu sampai cadangan makanan dalam tubuhnya habis. Oleh sebab itu kecoa bisa hidup cukup lama meski tanpa kepala, kecuali jika anda langsung menginjaknya!

 

Reporter : M. Taufik Hidayat
Foto : Ilustrasi
Editor : Nadia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: