Antisipasi E-KTP Palsu Saat Pilkada, Disdukcapil Buka Informasi Center

Reporter/Foto: Herry Priyatna

 

B-CHANNEL– Berbicara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), selalu saja rawan akan kecurangan, baik penggelembungan suara maupun E-KTP palsu. Maka dari itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) siap membantu KPUD Kota Bogor dalam mengantisipasi kecurangan saat Pilkada berlangsung.

Sekretaris Disdukcapil Kota Bogor, Moch Ghazali, mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan Pilkada yang dilakukan KPU itu selalu erat kaitannya dengan Disdukcapil. Sebab, didalam Pilkada keduanya pasti saling membutuhkan baik itu jumlah pemilih atau hal-hal yang akan terjadi saat pelaksanaan Pilkada berlangsung.

“Kita melihat Pilkada di daerah lain. Saat pemilihan berlangsung, ada saja oknum-oknum yang melakukan kecurangan, seperti adanya E-KTP atau Surat Keterangan yang di palsukan. Maka itu, kita sudah mengantisipasi ini jauh-jauh hari,” kata Ghazali saat di temui di ruang kerjanya, Jumat (10/3/2017) kemarin.

Ia menjelaskan, alat untuk mendeteksi E-KTP palsu (Card Reader,red), Disdukcapil sudah memilikinya. Namun, alat tersebut tak mungkin dibawa ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), mengingat jumlah TPS yang akan digunakan nanti tak seimbang dengan alat yang ada di Disdukcapil.

Tapi yang paling di khawatirkan, kata Ghazali ialah Surat Keterangan (SK) palsu. Sebab, SK yang diberikan kepada warga atau yang sudah memiliki hak suara itu, sangat mudah untuk di palsukan. Oleh karenanya, kita akan bahas ini dengan KPU.

“Berdasarkan data, warga yang sudah direkam atau yang sudah memiliki hak suara (usia 17 tahun), jumlahnya sekitar 30 ribu orang. Jika, Pilkada nanti kondisinya seperti sekarang ini, karena blangkonya belum ada, maka kemungkinan besar para pemilih ini dibekali SK sebagai syarat Pilkada,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya akan memfasilitasi dengan cara membuka informasi center. Artinya, jika petugas yang ada di TPS merasa ragu akan keaslian E-KTP dan Surat Keterangan, maka petugas tersebut bisa menghubungi ke Informasi Center yang sudah di sediakan dan kita langsung merespon saat itu juga, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: