Bima Minta Proses Tahapan Pembekuan IMB MIAH Di Percepat

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Wali Kota Bogor, Bima Arya meminta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Kecamatan yang sudah dibentuk, untuk segera mempercepat proses kajian terkait pembekuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Masjid Ahmad bin Hambal (MIAH).

Bima mengaku, pihaknya sudah melakukan komunikasi baik dengan pemegang izin maupun warga. “Untuk pembekuan IMBnya, semua kita kembalikan ke Perda dan Perwali dimana, terdapat tahapan-tahapannya. Nah, saya minta tahapan ini segera dipercepat prosesnya jangan lama-lama, yang penting semua tahapannya terlalui,” ucap Bima usai rapat Paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Kota Bogor, Kamis (07/09/17).

Sementara, Kepala Bagian Hukum dan HAM Pemerintah Kota Bogor, Novy Hasby Munawar mengatakan, disini Pemkot harus cover bothside selain mengundang pihak MIAH, juga akan mengundang pihak yang menolak untuk memberikan klarifikasi terhadap pernyataan keberatannya.

“Untuk pemanggilan sendiri itu tergantung dari Pak Sekda selaku ketua tim dan tahapannya sesuai Perwali, harus jelas dua indikasinya diantaranya, ada pelanggaran administratif dan teknis nyata-nyata yang meresahkan masyarakat,” ungkapnya.

Tentunya, ini juga harus dilihat secara objektif, sambung Novy. Karena istilah meresahkan ini abstrak tidak bisa diukur, sehingga harus ada penguatan dari TNI dan Polri. “Kita juga harus hati-hati melihat ini secara objektif, bagaimana unsur keresahan itu bisa terbukti, setelah itu akan diproses pembentukan tim untuk mengarah pembekuan IMB. Nah, nanti didalamnya akan dilakukan klarifikasi-klarifikasi,” tegasnya.

Lebih lanjut, Novy menambahkan, pihaknya ingin sampai kepada mediasi kembali seperti dahulu bersama FKUB, MUI, Kementerian Agama. “Setelah diberlakukan pembekuan, dalam waktu 3 sampai 6 bulan bisa dilakukan perbaikan seperti jika ada kesalahan dalam administratif itu diperbaiki, sebelum menentukan pencabutan IMBnya,” pungkasnya.

 

Reporter: M. Taufik Hidayat
Foto: irex

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: