BPBD Beri Pelatihan Pada Relawan Dalam Menanggulangi Bencana

B-CHANNEL, MEGAMENDUNG – Puluhan relawan tanggap bencana mendapat pembekalan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, di hotel New Ayuda 2, Cipayung, Megamendung, Rabu (7/3/2018). Pelatihan yang mengusung tema “Kegiatan Pelatihan Penanggulangan Bencana Berbasis Masyarakat” ini, menitikberatkan pada kesiapan masyarakat saat bencana datang di masing-masing wilayah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Koesparmanto mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan relawan agar siap saat menghadapi bencana datang. Apalagi wilayah Kabupaten Bogor rentan terhadap bencana.

“Dari 40 kecamatan yang ada, 28 kecamatan diantaranya masuk zona merah atau rawan bencana. Sementara, yang namanya bencana alam itu bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi selaku masyarakat juga mempunyai tanggungjawab terhadap bencana alam. Untuk itu, dalam pelatihan ini kita menyiapkan relawan agar siap saat bencana datang,” katanya.

Ia menambahkan, dengan diadakannya pelatihan tersebut diharapkan masyarakat di setiap kecamatan ada yang siap untuk memberitahu bagaimana ketika ada bencana, evakuasi harus seperti apa, kemudian apa yang harus dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar ketika ada bencana, masyarakat tidak bingung sendiri.

“Ketika masyarakat sudah siap, mereka tidak lagi bingung atau menjadi penonton. Tapi, akan paham apa yang harus dilakukan. Misalnya, bagaimana saat ada gempa dan harus apa jika melihat maupun merasakan tebingan mengalami pergerakan tanah,” ucapnya.

Dari relawan yang ada sekarang, tambahnya, kedepan akan terus ditingkatkan baik dari jumlah maupun mutu. Mengingat, hal seperti itu perlu kita tanamkan pada relawan-relawan ini.

Sementara, relawan asal Kecamatan Nanggung, Asep Saefuloh mengaku setelah mengikuti pelatihan ini, dirinya tahu apa yang harus dilakukan saat bencana datang, termasuk memberitahukan apa yang harus di sampaikannya kepada masyarakat.

“Yang pasti banyak ilmu didapat dari adanya pelatihan penanggulangan bencana ini. Kelak, kita pun akan siap saat terjadi bencana, meski itu sesungguhnya diharapkan jangan terjadi,” tandasnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: