Bupati Diminta Camat Dorong 39 Kecamatan Terapkan Paten Oneline

B-CHANNEL, MEGAMENDUNG – Pemerintah Kecamatan Megamendung sudah memberikan Pelayanan Administrasi Terpadu (Paten) secara Oneline. Hal ini dilakukan agar bisa memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih, sejak tahun 2015 sampai berikutnya semua kecamatan di Indonesia sudah harus bisa menggunakan sistim Paten Oneline.

“Paten sistim oneline ini sebagai salah satu cara memudahkan pelayanan kepada kemasyarakat dalam bentuk sebuah aplikasi android. Jadi, kalau warga sudah memiliki handphone android tinggal dibuka di playstore saja, kemudian tinggal ketik paten oneline dan akan muncul, lalu tinggal pilih pelayanan apa yang dibutuhkannya, “terang Camat Megamendung Hadijana (07/1/18).

Camat menjelaskan, sedikitnya ada 13 perizinan dan non perizinan yang didelegasikan kepada pihak Pemerintahan Kecamatan. Namun, sebelumnya proses oneline sendiri perlu ada pendelegasian penandatanganan kewenangan dari Bupati kepada Camat terlebih dahulu.

“Jadi, selain paten oneline kita juga menggunakan aplikasi yang sedikit berbeda yakni ada jemput bola bagi masyarakat yang jauh untuk mengorder dokumen yang diperlukan juga diberikannya pelayanan pendistribusian kepada masyarakat. Bila perlu menggunakan konsep gojek, “jelasnya.

Paten Oneline ini, tambah Camat, muncul melalui konsep ide dari masalah perbedaan anatara harapan dan kenyataan. Ibarat kata, ketika harapan ingin jadi presiden kemudian jadi Camat berarti itu masalah. Ini juga tak ada bedanya ketika ingin memberikan pelayanan yang baik tapi kenyataannya tidak bisa berarti harus seperti apa, akhirnya muncul ide seperti itu.

“Paten oneline awalnya muncul pada bulan april tahun kemarin. Terus kita godog dan kebetulan saat itu dijadikan topik dalam penyusunan projek perubahan pada saat saya pribadi ikut diklatip. Dari situ kita jadikan projek dan kemudian dari projek itu kita aplikasikan. Hasilnya alhamdulillah bisa diresmikan oleh Bupati Bogor hari ini,”ungkapnya.

Ia berharap, Bupati mendorong 39 kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Bogor bisa menerapkan untuk menerapkan aplikasi ini. Sebagaimana sudah disampaikan pada tim teknis bahwa aplikasi Paten Oneline akan diberikan kepada semua kecamatan. Namun induknya tetap milik Kecamatan Megamendung.

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: