Ciptakan Kenyaman di Tengah Kemacetan Dengan Suzuki IGNIS

Reporter/Foto : M. Taufik Hidayat

B-CHANNEL – Dalam rangka peluncuran produk terbaru Suzuki untuk jenis kendaraan roda empat, Suzuki memperkenalkan IGNIS, mobil pertama yang mengusung konsep mini SUV yang memberikan kenyamanan di tengah kemacetan. Diluncurkannya produk baru tersebut, dealer Suzuki Citra Asri Buana (CAB) mengadakan even test drive yang diikuti puluhan tamu undangan di showroom Suzuki, Jalan Raya Tajur KM 63, Kelurahan Tajur, Kecamatan Bogor Timur.

Saleshead Citra Asri Buana, Sukristianto, menjelaskan, event ini diadakan untuk memperkenalkan mobil terbaru dari Suzuki, yakni IGNIS yang hadir dengan desain terbaru bercita rasa Sport Utility Vehicle (SUV) bergaya sporty dan stylish.

img_20170506_214522

“Suzuki IGNIS satu-satunya mobil paling lengkap di kelasnya, baik itu dari interior maupun mesinnya, dan mobil ini juga dibekali rancangan bodi dari platform Heartect berstruktur high-rigid underbody dimana dari bodinya ini mengusung konsep Total Effective Control Technology,” jelasnya, Sabtu (06/05/17).

Sukristianto menambahkan, Suzuki IGNIS ditawarkan dalam dua varian yaitu GX dan GL. IGNIS varian GX sebagai varian tertinggi memiliki transmisi otomatis Auto Gear Shift (AGS) dan fitur yang lebih lengkap. Mobil ini memiliki varian warna merah, silver, putih dan hitam. Ada juga yang dikombinasikan dua warna, salah satunya warna merah hitam.

Menurut salah satu tamu yang melakukan test drive, Gio, mengatakan, mobil ini sangat ringan dikendarai dan juga nyaman, apalagi saat direm mendadak rodanya tidak mengunci seketika. Karena, memang sudah menggunakan tipe ABS. Jadi, benar-benar aman saat dikendarai. Dari kapasitas kursi duduk yang berjumlah lima orang, sangat cocok buat keluarga, ditambah bagasinya juga cukup luas.

Suzuki IGNIS menggunakan mesin tipe K12M dengan empat silinder, 16 katup dan 1,197 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 83 PS pada 6.000 RPM dan torsi maksimal sebesar 113 Nm pada 4.200 RPM. Tenaga yang keluar tersebut disalurkan melalui dua varian sistem transmisi, yakni transmisi manual lima-percepatan dan transmisi otomatis. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri fuel tank sebanyak 23 liter dengan sistem pembakarannya mengandalkan teknologi Multipoint Injection, dimana teknologi ini dapat menjadikan efisiensi bahan bakar lebih tinggi yang mencapai 23,64 kilometer dalam satu liter bensin untuk transmisi manual dan 23,44 kilometer dalam satu liter bensin untuk transmisi otomatis.

Tak hanya itu, IGNIS juga memperhitungkan desain aerodinamika untuk memberi efisiensi bahan bakar saat melaju konstan. Air intake yang tinggi juga jadi andalan Ignis dalam melahap gebangan air saat musim penghujan. Dengan ban profil 175/65 R15, pengendara dipastikan akan tetap nyaman ketika melintasi jalan yang permukaannya tidak rata dan bisa dilihat juga pada fitur hiburan terdapat Standout Audio Panel Design yang terintegrasi dengan Radio, Mp3/CD, USB, dan Bluetooth yang akan memanjakan anda pada saat berkendara.

Fitur canggih lainnya yaitu Auto Climate A/C and Heater (GX only) yang berguna mengatur suhu di dalam kabin, begitupun New Steering Wheel bersama Switch Control (GX only) yang akan mempermudah pengoperasian audio termasuk menerima telepon melalui kemudi. Lalu fitur Keyless Entery dan Push Start/Stop Button (GX only) yang memudahkan dan meningkatkan faktor keamanan serta kenyamanan pengemudi.

Pada model lampu depan, sudah bertipekan LED Projector Headlamps yang dipadukan dengan DRL untuk varian tertinggi (GX only). Bergeser ke bagian bawah, terdapat fog lamp untuk varian tertinggi (GX only) yang menyatu dengan kisi-kisi udara membuat tampilan depan semakin sporty. Untuk bagian samping, Suzuki IGNIS ini sudah disematkan Roff Rail (GX only) yang membuat tampilannya lebih atraktif, ditambah velg berukuran 15 inci dengan desain Five Trapezoid dengan Ground Clearance mecapai 180 mm. Serta, High Mount Stop Lamp dengan teknologi LED juga dihadirkan pada sektor bodi bagian belakang IGNIS.

Selain itu, sektor pencahayaan pada bagian belakang terdapat Rear Combination Lamps yang tampil manis menghiasi bagian belakang Suzuki IGNIS. Memasuki kabin IGNIS, kesan lapang, modern, unik, futuristik, dan nyaman langsung terasa. Ditambah dengan detail-detail panel instrumen yang berkelas dan sporty. Dengan dimensi sepanjang 3.700 mm yang pastinya memberikan pengalaman berbeda di tiap sudut kabinnya. Mobil ini juga menggunakan material bodi yang ringan sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan pengendara yang hidup dengan mobilitas tinggi di perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: