Demokrat-PPP Siap Berkoalisi Menangkan Pilwakot Bogor 2018

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Plt Ketua DPC Demokrat Kota Bogor, Usmar Hariman, berserta sejumlah pengurus DPC serta ketua PAC melakukan silaturahmi politik ke kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Bogor di Jalan Ahmad Yani, pada Senin (04/9/17) lalu. Hangatnya pertemuan yang dilakukan kedua partai ini, mencairkan sejumlah ‘kesepakatan’ untuk bersama-sama di Pilwalkot Bogor tahun depan.

Dikatakan Plt Ketua DPC Demokrat Kota Bogor, Usmar Hariman, hubungan dua partai ini tidak ada masalah baik secara kelembagaan ataupun hubungan antar fraksi di DPRD Kota Bogor. Hal tersebut, tentu saja menjadi poin penting bagi partai yang akan menjalin koalisi dalam sebuah pilkada.

Usmar melanjutkan, sinyal-sinyal koalisi antara Demokrat dan PPP sudah terlihat dengan intensifnya pertemuan di tingkat Jawa Barat. Dan untuk Demokrat sendiri, akan segera diputuskan dalam waktu dekat, yaitu DPP mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung posisi calon Wali kota dari Partai Demokrat.

“Jadi, rekomendasi dari DPP nanti hanya untuk usungan calon Wali kota, belum terkait posisi calon Wakil Wali kotanya maupun koalisi partai. Sedangkan di PPP sendiri tiket pilwalkot sudah jelas dan dipastikan jatuh ke Kang Zaenul Mutaqin yang kapasitasnya sudah tidak diragukan lagi. Jika Hijau dan Biru bergabung atau berkoalisi di pilwalkot mendatang, selesai sudah itu pilwakot (menang, red),” ungkap Usmar dihadapan semua yang hadir.

Langkah DPP itu, sambung Usmar, dilakukan karena adanya wacana-wacana baru untuk para figur bakal calon Wali kota di Demokrat Kota Bogor. Dalam penjaringan di DPC Demokrat Kota Bogor, saat ini tinggal tersisa tiga calon yang sedang diproses oleh DPP, diantaranya, kader internal Usmar Hariman dan Susetiyono, serta pihak eksternal yaitu Bima Arya Sugiarto.

“Kita akan menunggu siapa yang nanti akan diusung oleh Demokrat sebagai F1 di Kota Bogor. Dan siapapun yang akan menjadi calon Wali kotanya nanti dari hasil keputusan DPP Demokrat, semuanya harus fatsun baik para pengurus partai maupun para bakal calon dan bekerja lebih keras untuk memenangkan Pilwalkot,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua DPC PPP Kota Bogor, Zaenul Mutaqin mengatakan, DPW PPP Jawa Barat sudah beberapa kali melakukan pertemuan intensif dengan sejumlah parpol, diantaranya Partai Demokrat. Terakhir yang sedang dimaksimalkan komunikasi antara PPP dengan Demokrat dan PAN. Tentunya komunikasi yang dibangun di tingkat DPW Jawa Barat akan berimbas juga ke daerah-daerah di seluruh Jawa Barat, khususnya Kota Bogor.

“DPC PPP belum memutuskan akan berkoalisi dengan parpol mana saja. Yang jelas kita mengikuti arahan dan fatsun kepada DPW serta DPP. Dan yang harus ditekankan, dalam memilih teman koalisi harus yang betul-betul satu visi dan misi serta sejalan tujuannya. Selama ini, PPP sudah bersahabat dengan Demokrat. Jalinan silaturahmi kali ini, menambah bobot bagi penjajakan koalisi. Bahkan Demorkat berpeluang besar berkoalisi dengan PPP, karena di tingkat Jawa Barat saja sudah semakin terbangun untuk koalisi PPP dan Demokrat serta PAN. Namun kembali lagi, PPP masih menunggu instruksi DPP soal koalisi Pilwalkot Bogor. Jika DPP merestui untuk koalisi, maka tinggal mematangkan langkah kedepannya saja,” ungkap Zaenul.

 

Reporter/Foto: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: