Desa Wates Jaya Bakal Gelar Pilkades Melalui Mekanisme PAW

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Untuk mengisi kekosongan jabatan Kepala Desa Wates Jaya yang sebelumnya meninggal dunia di tengah-tengah masa jabatan, Pemerintah Desa Wates Jaya Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, berencana akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) melalui mekanisme Pergantian Antar Waktu (PAW).

Plt. Desa Wates Jaya, Sumantri, menjelaskan, rencana Pilkades PAW ini, sesuai dengan dasar Peraturan Bupati (Perbup), Bogor No. 41 tahun 2016 tentang Pemilihan Antar Waktu Pemilihan Kepala Desa dan sejatinya sudah cukup menjadi acuan pelaksanaan PAW Kades.

“Dari hasil konsultasi dengan Pemkab Bogor melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) disarankan agar PAW Kades digelar setelah bulan puasa. Namun, kami tidak ingin gegabah dalam mengambil langkah dan keputusan. Karena, kepanitiaannya saja belum dibentuk, nunggu dulu adanya sosialisasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bogor,” ujarnya, Jum’at (9/2/2018).

Untuk calonnya sendiri, sambungnya, akan ditetapkan sebanyak 3 orang. Tapi, sampai saat ini, sudah ada yang siap menjadi bakal calon kades. “Kalau memang nanti balonnya lebih dari yang ditentukan, berarti ada tes tertulis dan wawancara. Jika kemudian hasil tesnya bagus, akan ada penilaian lain dengan mempertimbangkan segi pendidikannya masing-masing balon,” jelasnya.

Sementara, Ujang salah seorang warga setempat menginginkan pelaksanaan Pilkades PAW tersebut dilaksanakan sebelum bulan puasa. “Saya sih berharap, PAW Pilkades Wates Jaya dilaksanakan sebelum bulan puasa. Supaya kekosongan jabatan kades tidak lama,” pintanya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: