Diskarpus Susun Draf Regulasi Perda Demi Dapatkan Payung Hukum

Reporter/Foto : Herry Priyatna

B-CHANNEL– Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Daerah Kota Bogor, kini tengah sibuk menyusun draf regulasi Perda yang nantinya akan diajukan ke Pemerintah dan DPRD Kota Bogor. Pasalnya, Perda dan Perwali tersebut sebagai pedoman dan payung hukum yang selama ini belum di miliki Diskarpus.

Encep Al Hamidi, selaku Sekretaris Diskarpus Daerah Kota Bogor, mengatakan, sejauh ini segala program kedinasan arsip dan perpustakaan belum berfungsi secara ideal dan belum sesuai apa yang diharapkan oleh Pemerintah Kota Bogor. Hal itu, disebabkan karena kearsipan dan perpustakaan di Kota Bogor belum memiliki Perda dan Perwali.

Maka dari itu, kata Dia, dirinya sedang menyusun draf regulasi Perda dan Perwali, yang nantinya akan diserahkan ke Walikota Bogor dan DPRD Kota Bogor. Sementara, penyusunan tersebut sudah mencapai 80 persen, kata Encep saat ditemui bogorchannel.co.id, diruang kerjanya belum lama ini.

Ia menjelaskan, penyusunan regulasi kearsipan dan perpustakaan itu ada enam poin, diantaranya Perda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan Kota Bogor dan Perwalinya, Perwali tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Nomor 7 tahun 2012, tentang Penyelenggaraan Kearsipan, Perwali tentang Penyelamatan Arsip (statis) Pembubaran dan Penggabungan Perangkat Daerah, Perwali tentang Jadwal Retensi Arsip, Perwali tentang Penyusutan Arsip dan Pelatihan penggunaan aplikasi sistem informasi manajemen kearsipan kota Bogor, jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, penyusunan regulasi tersebut berdasarkan visi misi Pemerintah Kota Bogor dan juga Diskarpus. Dimana didalamnya berbunyi sebagai informasi, teknologi dan pengetahuan masyarakat secara transparan.

Dia juga mengatakan, sejauh ini kerasipan dan perpustakaan mengacu kepada UU Nomor 43 tahun 2009 tentang kearsipan secara nasional dan berlaku di seluruh Indonesia. Kemudian, kita juga terikat Perda Provinsi Jabar yang dirinci kedalam Pergub nomor 39 tahun 2009 tentang juklak tentang Perda nomor 18 tahun 2011.

Jadi, inti dari penyusunan regulasi ini sebagai payung hukum dan pedoman, seperti apa yang sudah dimiliki oleh daerah lain dan kita sedang berupaya melakukan susunan regulasi, yang nantinya untuk dijadikan Perda dan Perwali, tujuannya supaya kearsipan dan perpustakaan Kota Bogor dapat melakukan petunjuk pelaksana (juklak) di setiap kegiatan, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: