Ditulis Pada Pelepah Pisang, Ini Alquran Raksasa Yang Ada di Bogor

Reporter/Foto: Andi M Ridwan

 

B-CHANNEL – Alquran merupakan kitab suci dan pedoman hidup ummat muslim di dunia. Kecintaan ummat Islam kepada Alquran antara lain diwujudkan dengan pencetakan Alquran dalam beragam media, bentuk, dan ukuran. Seperti yang terdapat dibeberapa daerah Indonesia, contohnya di wilayah Bogor, Jawa Barat, terdapat Alquran berukuran besar yang dibuat dari pelepah batang pisang.

Dari keterangan Ust. Ibnu Muti selaku Ketua Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman, Parung, Kabupaten Bogor, Alquran tersebut dikirim dari kelompok muslim Moro, Filipina, pada tahun 2009 untuk di amankan serta dirawat oleh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syeh Abu Bakar bin Salim.

Alquran berukuran besar yang terbuat dari pelepah batang pisang tersebut, diperkirakan sudah berumur 300 tahun lebih karena ditulis tangan langsung oleh putra dari Sunan Bonang. Bukan hanya satu, tapi ada delapan Alquran berukuran raksasa yang dibuat.

picsart_06-09-09-05-06

“Satu Alquran lengkap 30 juz. Ukurannya juga berbeda-beda yakni ada yang 1,8 m x 2,60 m, 1,80 m x 2,40 m, 1,50 m x 2,40 m, dan yang terbesar 2 m x 3,8 m. Diperkirakan usia Alquran ini sudah lebih dari satu abad,” ungkapnya, Kamis (08/6/17).

Karena dari pepelah pisang, sambungnya, saat ini, Alquran tersebut ditempatkan dalam sebuah wadah ditutupi kaca untuk menjaga keutuhannya. Selain itu, disamping Alquran tersebut terdapat sebuah meja beserta delapan kursi berukiran ayat-ayat Alquran. Kursi dan meja ini, diartikan sebagai tempat berkumpulnya para wali songo. Kenapa kursinya delapan padahal wali songo itu ada sembilan? Diceritakan dulu wali songo yang sering berkumpul itu ada delapan orang, sedangkan yang satu orang lagi jarang berkumpul dan duduk bersama.

picsart_06-09-09-07-45

“Ini semua adalah koleksi peninggalan dari almarhum Habib Saggaf bin Mahdi bin Syeh Abu Bakar bin Salim, yang sengaja dibawa dari rumahnya kesini untuk menjadi semacam museum guna menambah wawasan para santri tentang sejarah islam dan para pendahulunya yang menyebarkan serta mengajarkan Islam di Indonesia khususnya di tanah Jawa,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: