Dorong Pelaku Usaha Kecil, Kelurahan Sempur Rencanakan Bangun Kampung Niaga

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Dalam waktu dekat Kelurahan Sempur akan melaunching Kampung Niaga di setiap RT, RW dan pelaku usaha yang ada di wilayah Kelurahan Sempur. Program bantuan dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina ini, diarahkan untuk pengembangan produk-produk unggulan dari pelaku usaha kecil yang ada di setiap wilayah dalam mempromosikan produknya.

Dikatakan oleh Lurah Sempur, Rena Da Frina, gebrakan baru dalam bidang perekonomian melalui pencanangan Kampung Niaga ini, sudah di sosialisasikan kesejumlah RW, RT dan pelaku usaha yang ada diwilayahnya.

“Ini sebenarnya suatu bentuk penyaluran CSR dari Pertamina dalam bentuk bantuan langsung. Tantangan kami adalah membentuk lokasi atau suatu kampung dengan memberdayakan ekonomi masyarakat yang benar-benar bisa ditonjolkan. Dan Kampung Niaga ini hadir untuk menjawab hal itu,” kata Rena saat dihubungi via WhatsApp, Jumat (8/9/17).

Rena menjelaskan, rencana pencanangan Kampung Niaga ini secara langsung akan ada pendampingan dari para ahli bidang wirausaha serta bisnis bagi pelaku usaha mulai dari produksi, teknologi, labeling, packaging, serta pemasaran. Selanjutnya para pelaku usaha tersebut akan membangun pusat produksi sampai gerai promosinya dengan teknis pemanfaatan lahan dengan cara menyewa atau pinjam pakai. Dan selanjutnya menjadi aset pemerintah daerah.

“Pencanangan Kampung Niaga ke beberapa RW, RT dan pelaku usaha diawali dengan mensosialisasikan rencana tersebut melalui Focus Group Discussion (FGD) guna mendapatkan informasi dan masukan dari masyarakat untuk merancang penyusunan proposal pengembangan Kampung Niaga kepada Pertamina, selaku pemilik usaha, dengan arahan tim pendamping,” pungkasnya.

 

Reporter: Andi M Ridwan
Foto: istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: