Ekspose Musrembang Desa Megamendung

B-CHANNEL, KABUPATEN BOGOR – Desa Megamendung Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Di aula Kantor Desa Megamendung. Kepala Desa Megamendung, H.Badrudin mengatakan, tujuan Musrenbang tersebut untuk menampung aspirasi dan usulan masyarakat dalam pembangunan di wilayah Desa Megamendung dan akan dibawa ke tingkat Kecamatan.

‪Dalam kegiatan itu, pihaknya juga mengundang semua perwakilan masyarakat mulai dari tinggkat RT, RW, kader dan tokoh masyarakat setempat agar mereka semua tahu pembangunan mana saja yang bisa di biayai Dana Desa (DD) dan mana yang tidak.

‪”Saya berharap dalam rapat Musrenbang ini semua perwakilan bisa hadir agar kedepannya tidak ada lagi kesalah pahaman. Soalnya pengalaman kami selama ini ketika anggaran sudah mau di cairkan baru mereka buru-buru mengajukan pembangunan, tentu hal itu sangat membingungkan kami selaku pemerintah desa dan jelas-jelas kami tidak bisa mengabulkan permintaan tersebut,” tegas kades, Selasa (13/9/2017) lalu.

“Melalui musrembang ini masyarakat bisa memahami dan mengetahui bahwa setiap pembangunan itu ada mekanismenya melalui beberapa tahapan dan perencanaan yang matang serta terukur. Hal tersebut untuk kelancaran saat pelaksanaan pembangunan nanti,” kata kades.

Hal senada di sampaikan Sekcam Megamendung, Dra.Hj. Euis Ratna Komala yang dalam sambutannya menyampaikan kepada semua warga yang di undang dalam rapat Musrenbang harus datang agar mereka tahu mana saja usulan perencananan pembangunan yang di ajukan di awal oleh Pemerintah Desa. Sehingga masyarakat akan mengetahui dimana saja pembangunan yang bisa dibangun dengan menggunakan Dana Desa (DD) mana yang tidak.‬

‪”Jangan sampai nanti ketika anggaran sudah cair masyarakat baru mengajukan pembangunan, yang akhirnya menyalahkan pemerintah desa,” tegasnya.

‪Ia menambahkan, fungsi kecamatan selaku pemerintah adalah sebagai bagian dari pengawasan dan pembinaan. Sehingga kegiatan kontrol media sosial sangat perlu untuk di laksanakan di tingkat desa.‬ ‪Dengan demikian, kegiatan seperti ini perlu peran serta masyarakat untuk mengingatkan hak dan kewajiban mereka kepada pemerintah desa khususnya, supaya bisa bersinergi antara masyarakat dengan pemerintah desa dalam mewujudkan pembangunan di wilayah desanya masing-masing.

‪Turut hadir dalam kegiatan Musrenbang tersebut diantaranya LPMD, Kader PKK, Kader Posyandu, RT, RW, serta Tokoh MUI Kecamatan Megamendung.

(Iswandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: