Fajar : Kabupaten Bogor Harus Konsen Tingkatkan Anggaran Pendidikan

B-CHANNEL, BPGOR– Staff khusus Menteri Pendidikan, Fajar Riza Ul Haq, menyesalkan adanya penurunan anggaran di sektor pendidikan yang terjadi di Kabupaten Bogor. Hal demikian dikatakan Fajar kepada Wartawan, Senin (16/03/18).

Fajar juga Bakal Calon Legislatif DPR RI, dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) juga mengatakan, dengan adanya kewajiban proporsi anggaran 20 persen dari APBN, seharusnya dapat diikuti di tingkat provinsi hingga kabupaten dan kota. Menyinggung anggaran di Kabupaten Bogor yang hanya 8,7 persen dari total APBD yang dikelola, hal itu terlihat sangat timpang.

“2017 lalu sempat di singgung oleh Pak Muhadjir (Menteri Pendidikan,red) terkait pendidikan Kabupaten bogor yang dalam tanda kutip terbelakang. Hal ini seharusnya menjadi acuan bagi Pemkab Bogor untuk meningkatkan hal tersebut,” jelas Fajar.

Penulis buku membela islam membela kemanusiaan itu mengatakan, dari data alokasi anggaran pendidikan di APBD Kabupaten Bogor, terdapat trend penurunan pada 3 tahun belakang. Tercatat, pada 2015 untuk pendidikan dialokasikan 15,9%, 2016 menurun 15,1% dan 2017 alokasi pendidikan seperti terjun bebas turun ke angka 8,7%.

“Dengan adanya trend penurunan alokasi dana pendidikan tersebut, Saya melihat komitmen politik anggaran di kab bogor, masih perlu di tingkatkan khususnya di bidang pendidikan. Itu terlihat serapan anggaran ke masyarakat yang tidak optimal, hingga alokasi untuk pendidikan setiap tahun terus menurun,” tuturnya.

Terlebih lagi, mantan direktur Ma’arif Institute itu menjelaskan, dari 9 anggota DPR RI yang tidak ada satupun aleg yang berada di komisi X ataupun VIII yang menangani pendidikan atau infrastruktur yang seolah menjadi PR bersama.

“Saat ini, saya berada di eksekutif sebagai staff khusus Mendikbud. Semoga 2019 nanti saya terpilih agar dapat fokus dalam meningkatkan pembangunan dan pendidikan di Kabupaten Bogor,” tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: