Hidupkan Kesenian Sunda, Puluhan Pelajar Ikuti Lomba Tari Sunda Rampak

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Puluhan siswi SD, SLTP dan SLTA se-Kota dan Kabupaten Bogor unjuk kebolehan dalam menari di acara lomba tari Sunda Rampak Raksa Budaya Festival 2017 yang diselenggarakan Paguyuban Gentra Raksa Budaya Sunda di Gedung Serbaguna Grand Parahyangan, Cimahpar, Kota Bogor, pada Sabtu (23/12/17).

Turut hadir di acara ini, Wakil Wali Kota Bogor yang juga Ketua DK3B, Usmar Hariman, Ketua Panitia, Zege Ratna Susilawati, pemilik Taman Parahyangan Satu, Dwi Alviriloso, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bogor, Syahlan Rasidi, Wakil Kepala Dinas Pendidikan, Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bogor, budayawan dan tamu undangan lainnya.

Ketua Paguyuban Gentra Raksa Budaya Sunda, Yudi mengatakan, kegiatan ini adalah yang pertama kalinya digelar dengan tujuan agar para generasi muda khususnya kalangan pelajar belajar mencintai, menjaga dan melestarikan seni budaya Sunda.

“Untuk tahun ini kita baru mengadakan lomba tari. Kedepan, rencananya Paguyuban Gentra Budaya Sunda akan menggelar lomba-lomba lain seperti festival kuliner, lomba musik, lukis batik, dan lain-lain. Yang pasti masih berkaitan dengan budaya Sunda. Karena kita akan merangkul semua elemen yang berhubungan dengan kesundaan untuk nanjeurkeun, ngamumule, mencintai, menjaga dan melestarikan seni budaya Sunda,” ungkapnya.

Berikut hasil dari lomba Tari Sunda Rampak Raksa Budaya Festival 2017

kategori tingkat Sekolah Dasar;
JUARA 1 diraih oleh SD SUKADAMAI, JUARA 2 diraih oleh SDN CIAWI
JUARA 3 diraih oleh SDN LEUWILIANG

kategori tingkat SLTA;
JUARA 1 diraih oleh SMAN 1 DRAMAGA
JUARA 2 diraih oleh SMKN 3
JUARA 3 diraih oleh SMK INFOKOM

Untuk Juara favorit tingkat SD diraih oleh SD Tegal Lega, sedangkan untuk ketegori SLTA diraih oleh SMK PGRI 4.

 

Reporter/Foto: Achmad Jumaedi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: