Jaga Kelestarian Pedalang, Pecinta Wayang Golek Bentuk Paguyubuan

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Kebudayaan wayang golek merupakan salah satu seni tradisional yang sudah lama dikenal di tatar Sunda. Tak heran, kalau masyarakatnya sangat fanatik dengan cerita ataupun para tokoh pewayangan. Terlebih, konon pembawa cerita alias dalang dalam membawakan kisah perlu meminta izin kepada para karuhun atau leluhur.

Menurut budayawan asal Bogor Ame Nurman, banyak keunikan seni wayang golek yang perlu digali dan dilestarikan. Patut disyukuri pewaris dan pecinta wayang golek di masyarakat Sunda tidak hilang begitu saja. ”Para pecinta wayang golek saat ini sudah membentuk paguyubuan Pecinta Wayang Golek (PWG) Bogor Raya. Tujuannya tak lain untuk melestarikan warisan leluhur tersebut,” katanya.

Dia juga menambahkan, pembentukan PWG bukan tanpa alasan. Banyaknya pelaku seni wayang golek dan pecinta wayang golek, dirasa perlu mendirikan wadah bagi mereka. Kendati demikian, dirinya mengaku PWG belum lama didirikan. Namun, tingginya antusias masyarakat membuat PWG diprediksi berkembang pesat dan menjadi rumah bagi para pencinta seni pewayangan.

 

Reporter: M.Taufik Hidayat
Foto: istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: