Jalur Puncak Ditutup, Hotel-Hotel Kesepian

B-CHANNEL, CISARUA – Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor, Budi Sulistio menyatakan bahwa dampak dari bencana dan adanya penutupan akses jalur lalu lintas ke Puncak telah membawa pengaruh yang signifikan terhadap pengelola khususnya dari sektor pariwisata perhotelan dan restoran.

“Jelas, adanya penutupan jalur ke Puncak telah membawa dampak pada penurunan akupensis dan ini kami anggap sangat luar biasa sekali. Karena, bisa nyampai hanpir 60 persen akupensis kami mengalami penurunan,” ujarnya, Kamis (15 /2/2018).

Ia menilai, selama ini informasi tentang penutupan akses jalur ke Puncak kurang berimbang. Lantaran tidak adanya keseimbangan dari pihak-pihak terkait mengenai penjelasan dari mana-mananya penutupan itu serta lokasi mana yang di anggap rawan.

“Jadi, kami mohon dari pemberitaan – teman-teman ini ada keseimbangan, sebenarnya yang ditutup itu dimana sih, tolong di informasiikan. Karena, setahu kami penutupan itu adanya cuma dari Gunung Mas ke sana. Sedangkan, antara Gadog, Cipayung, Mega Mendung dan Cisarua sampai Gunung Mas tidak ditutup dan aman,” tegasnya.

Ia menjamin, bagi wisatawan yang hendak melakukan liburan ke Puncak tidak perlu merasa khawatir dengan kondisi sekarang. Mengingat, jalur Puncak khususnya mulai dari Gadog sampai Gunung Mas masih di anggap aman.

“Area jalur Puncak itu masih aman dan terkendali dan tempat – tempat wisata pun masih buka. Jadi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Puncak dijamin aman,” akunya.

Senada ditegaskan anggota DPRD dari Partai Gerindra sekaligus sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Muhamad Rizki. Menurutnya, saat ini Puncak dalam kondisi yang kondusif dan sudah bisa dikunjungi lagi. Termasuk, destinasti-destinasi dan hotel-hotelnya juga sudah bisa di kunjungi.

“Insya Allah, Puncak itu sudah aman untuk didatangi dan kalaupun ada jalan yang masih dilarang dilalui itu kan hanya dari Gunung Mas sampai Ciloto sedangkan dari Gadog sampai dengan Desa Tugu Selatan atau tepatnya daerah Gunung Mas sudah kondusif sebab sudah kita tangani,” ungkapnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: