Jumat Inovatif, Balitnak Gelar Bimtek IB dan Sexing Pada Itik

B-CHANNEL, CIAWI – Kepala Balai Penelitian Peternakan Ciawi Dr.Soeharsono membuka kegiatan Bimbingan Teknik Jumat Inovatif Balitnak Teknologi Peternakan Sexing dan Inseminasi Buatan (IB) pada Itik diruang Anatini I dan II Balitnak Ciawi, Jumat (24/11/17). Acara dihadiri oleh 20 peserta dari berbagai kalangan diantaranya; penyuluh, peternak, praktisi peternak, mahasiswa dan masyarakat umum.

Menurut Soeharsono, Badan Litbang Pertanian melalui UPT Balai Penelitian Ternak dalam satu bulan sekali mengadakan agenda silaturahim Jumat Inovasi dengan tujuan membangun komunikasi online sistim melalui pelatihan sehari tentang inovasi yang berkaitan dengan hasil-hasil riset.

“Nah, dalam hal ini Balitnak mencoba mendesiminasikan hasil riset yang siap dikembangkan oleh peternak. Salah satunya pengembangan ternak IT melalui teknologi IB dan Sexing,” terangnya

Ia menjelaskan, saat ini permasalahan diternak IB ada pada bibit dan pembibitan. Karena itu, inovasinya menyilangkan ternak-ternak unggul hasil riset Badan Litbang yang dilakukan Balitnak. Sejauh ini, melalui komunitas-komunitas hasil riset Balitnak sudah melakukan kegiatan berbasis ternak Sapi perah, Kambing perah, Ayam, Domba dan Kelinci.

“Mudah-mudahan, hasil riset dari kelima komoditas ini bisa kita kembangkan melalui sistim informasi online. Sementara, pengembangan berikutnya alumni-alumni Jumat inovatif bisa membuat komunitas agar setelah implementasi bisa ada feedbacknya,” jelasnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: