Jumhana, Muadzin Tuna Netra Yang Gemar Ikut Lomba Adzan

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Dari 100 peserta yang mengikuti lomba adzan antar DKM se-Kota dan Kabupaten Bogor yang dilangsungkan di Masjid Baitur Ridwan di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, salah satu peserta diantaranya ada yang menarik perhatian panitia dan juri.

Ia adalah peserta dengan nomor urut 077 yang bernama Jumhana (50) warga asal Kampung Cibarengkok RT 02/06, Desa Cimulang, Kabupaten Bogor. Jumhana adalah muadzin perwakilan dari Masjid At-Taqwa Cibarengkok. Ia memiliki keterbatasan fisik pada matanya alias tuna netra.

Jumhana menuturkan, ini adalah lomba adzan keluar kampung yang pertama kalinya ia ikuti. Sebelumnya, ia mengikuti lomba-lomba hanya di sekitar tempat tinggalnya saja. Bahkan, dari lomba itu, ia pernah meraih juara pertama.

“Sejak usia 10 tahun saya sudah adzan. Karena itu saya sering jadi muadzin di masjid-masjid,” kata Jumhana kepada bogorchannel.co.id, Kamis (21/09/17).

Selain menjadi muadzin, Jumhana yang kesehariannya bertani dan menjadi tukang pijat panggilan ini, juga sering mengikuti kegiatan-kegiatan keagaman yang lainnya, seperti qori maupun murothal.

“Ya, bagi saya mengikuti lomba ini bukan sekedar untuk mendapatkan hadiah, tetapi yang lebih penting untuk menjalin tali silaturahmi. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini bisa menambah wawasan, ilmu dan mendapatkan keberkahan,” ucap pria yang bercita-cita menjadi muadzin di Mekah.

 

Reporter: M. Taufik Hidayat
Foto: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: