KPUD Kota Bogor Bangun Lawang Pintar Pemilu

Reporter/Foto : Herry Priyatna

 

B-CHANNEL– Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor, yang berada di Jalan Loader, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, tak lama lagi memiliki ruang khusus untuk Edukasi Pemilu. Ruang khusus ini, dinamakan Rumah Pintar Pemilu atau Lawang Pintar Pemilu (LPP).

Ketua KPUD Kota Bogor, Undang Suryatna, mengatakan, Rumah atau Lawang Pintar Pemilu (LPP) ini merupakan program KPU RI, dimana di setiap daerah harus memiliki rumah pintar pemilu (RPP). Sebab, RPP tersebut merupakan suatu rumah atau ruang yang didalamnya terdapat edukasi tentang Pemilu.

img-20170313-wa0021

Sementara, namanya disesuaikan dengan kearipan lokal yang ada di daerahnya itu sendiri. Maka dari itu, RPP ini dinamakan Lawang Pintar Pemilu dengan kapasitas 50 orang.

“Nama tersebut, karena terinspirasi dengan nama-nama yang ada di Kota Bogor, seperti Lawang Salapan, Lawang Saketeng dan Lawang Gintung. Maka itu, kita gunakan nama Lawang Pintar Pemilu (LPP),” kata Undang saat di temui di Kantornya, Senin (13/03/17).

img-20170313-wa0023

Ia menjelaskan, kalimat Lawang itu merupakan sebuah pintu dimana didalamnya memiliki makna dan sejarah. Artinya, bagi masyarakat yang masuk LPP, maka ketika keluar dari ruangan tersebut menjadi pintar. Sebab, LPP ini didalamnya di fasilitasi berbagai peralatan dan media tentang Pemilu.

“Jadi, di dalam LPP ini kita akan fasilitasi dan menginformasikan semua tentang pemilu demokrasi dari waktu ke waktu, bahkan sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1955. Bukan itu saja, di lengkapi juga dengan studio, yang artinya bagi pengujung bisa melihat video sejarah pemilu,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Undang, LPP masih tahap renovasi dan rencananya akan selesai pada akhir Maret 2017 atau selambat-lambatnya awal April 2017 mendatang. Sedangkan peresmiannya, akan dibuka oleh KPU RI dan dihadiri para Muspida Kota Bogor, pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: