Lomba Adzan Hadiah Umroh Segera Digelar DKM Baitur Ridwan

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Dalam rangka menyambut tahun baru 1439 hijriyah dan Milad ke 2 Masjid Baitur Ridwan berlokasi di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Pengurus DKM Masjid Baitur Ridwan akan menggelar lomba adzan antar DKM se-Kota dan Kabupaten Bogor.

Ketua Panitia, Ust Lukman Hakim mengatakan, lomba  akan digelar selama dua hari, pada tanggal  21 dan 22 September 2017, berlokasi di Masjid Baitur Ridwan. Lomba adzan, bertujuan salmenggali potensi muadzin muadzin di Kota dan Kabupaten Bogor, agar seluruh masjid masjid ataupun mushola terdapat muadzin berkualitas yang memiliki suara merdu dan indah serta menggugah masyarakat untuk shalat berjamaah.

“Dengan event lomba adzan seperti ini diharapkan akan dapat melahirkan muadzin muadzin berkualitas, sehingga ketika nanti muadzin itu melantunkan adzan di sebuah masjid akan menggugah dan mengajak masyarakat untuk shalat berjamaah di masjid atau mushola. Tujuan lainnya sebagai syiar dan untuk menjalin silaturahmi antar DKM yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor,” ucapnya.

Dalam lomba adzan nanti, ada sejumlah kategori penilaian, diantaranya tajwid, pasohah, nagmah (lagu) dan adab. Target peserta 100 orang, saat ini sudah mencapai sekitar 80 orang peserta, baik dari wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

“Besok hari minggu akan dilaksanakan tehnical meeting kepada para peserta, dan insyaallah jumlah peserta akan tercapai,” jelasnya, Minggu (09/09/17).

Ketua DKM Baitur Ridwan, Firman Sidik Halim mengatakan, lomba adzan yang bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, dipilih karena ingin seluruh masjid masjid itu memiliki muadzin muadzin bersuara merdu, indah sehingga menjadi daya tarik bagi warga untuk datang ke masjid shalat berjamaah.

“Ini acara dalam rangka Milad ke 2 Masjid Baitur Ridwan dan dalam menyambut tahun baru 1439 hijriyah,” ujarnya.

Firman menjelaskan, lomba adzan itu sangat positif, agar masjid masjid itu memiliki muadzin yang melantunkan adzan yang baik. Jadi setiap adzan itu harus syahdu dan menggugah rasa agar yang mendengarnya bisa ikut langsung shalat berjamaah di masjid.

“Saat ini sering mendengar muadzin melantunkan adzan seadanya dan kurang enak didengar, padahal adzan sangat penting sebagai waktu shalat dan mengajak melaksanakan ibadah shalat berjamaah. Setelah lomba adzan ini, kedepannya kami juga akan melaksanakan pembinaan terhadap muadzin muadzin di Kota Bogor khususnya dan Kabupaten Bogor pada umumnya,” katanya.

Selain lomba adzan, tambah Firman, akan dilaksanakan juga kegiatan bakti sosial santunan anak yatim piatu sebanyak 500 anak yatim piatu, dirangkaikan dengan acara tabliq akbar.

DKM Baitur Ridwan juga mengajak kepada para donatur dan hamba allah lainnya untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan santunan anak yatim dalam momentum lebaran yatim piatu ini.

 

Reporter/Foto: M Taufik Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: