Mau Tinggal di Rusunawa? Ini Syaratnya

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui UPTD Rumah Susun (Rusun), sudah membangun dan menyediakan hunian yang layak, bersih, aman, dan nyaman dengan fasilitas lengkap. Selain murahnya biaya sewa, calon penghuni cukup dimudahkan dengan persyaratannya.

Seperti dijelaskan Kasubag Tata Usaha UPTD Rusun Irvan Triadi, Senin (16/04/2018), Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ingin menyewa di Rusunawa hanya mengikuti sejumlah prosedur yang sudah ditetapkan dan menyiapkan beberapa dokumen penunjang.

“Yang pertama sekali, tentunya calon penyewa harus mendaftar dan mengambil formulir. Pengambilan formulir ini bisa di Rusunawa Menteng Asri atau di Rusunawa Cibuluh. Kemudian mengembalikan formulirnya dengan melampirkan surat permohonan menghuni yang ditujukan kepada Pemkot Bogor melalui UPTD Rusun,” jelas Irvan.

Saat pengembalian formulir tersebut, terangnya, pemohon juga harus menyertakan foto copy KTP suami istri, foto copy surat nikah, foto copy Kartu Keluarga, pas foto ukuran 4X6 sebanyak dua lembar, dan surat berpenghasilan dari tempat bekerja serta surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan juga surat pindah dari tempat asal.

“Tahapan selanjutnya akan dilakukan evaluasi atau verifikasi administrasi, wawancara atau seleksi, mengisi surat perjanjian sewa tinggal dan menyatakan sanggup mematuhi tata tertib atau ketentuan penghunian. Barulah kemudian menerima surat izin penghunian,” paparnya.

Sekedar informasi, UPTD Rusunawa mengeluarkan tarif sewa per bulan yang bervariasi. Semakin ke bawah posisi unitnya, tarif sewa semakin mahal dengan selisih sewa tarif antar lantai Rp. 25 ribu. Seperti untuk di lantai empat atau unit tertinggi misalnya, penyewa hanya dikenakan tarif sebesar Rp. 375 ribu. Sedangkan untuk di lantai tiga dibebankan tarif Rp. 400 ribu, unit yang ada di lantai dua tarif sewanya Rp. 425 ribu. Sementara untuk unit yang berada di lantai satu dan lantai dasar, penyewa diharuskan membayar tarif sewa sebesar Rp. 450 ribu. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: