Menkeu Sri Mulyani, Hadiri Kegiatan Orientasi Pegawai Baru CPNS Kemenkeu

B-CHANNEL, BABAKAN MADANG – Sebanyak. 6678 Pegawai Baru Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Rekrutmen Umum Tahun Anggaran 2017 dan Rekrutmen Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun Anggaran 2017 mengikuti kegiatan orientasi di Gedung Sentul International Convention Center (SICC) Jalan Jendral Sudirman Cipambuan Babakan Madang Bogor, Rabu (20/12/2017).

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan calon pegawai baru CPNS yang hadir di acara kegiatan orientasi baik yang berasal dari Sekolah Tinggi Akutansi Negara Politeknik maupun Rekrutmen Umum adalah sekelompok orang Indonesia yang beruntung dan memiliki frepilez untuk bisa diterima dan masuk menjadi pegawai Kementrian Keuangan.

“Karena itu, semuanya harus melakukan sujud syukur kepada Yang Maha Kuasa dan sekaligus melakukan pembulatan tekadnya untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara melalui dedikasinya di Kementerian Keuangan,” kata Menteri Keuangan.

Ia menjelaskan, arti menjadi PNS di Kemenkeu sebagai institusi yang diberikan mandat oleh UUD dan UU adalah untuk mengelola keuangan negara. Sebagaimana simbol dari Kemenkeu itu sendiri yakni sebagai Negara Dana Raksa.

“Disini, mengelola keuangan negara berarti harus bisa menjaga, memperbaiki, meningkatkan dan menumbuhkannya. Hal ini, agar keuangan negara menjadi risosis suatu sumber daya yang mampu mencapai tujuan kita bernegara,” ujarnya.

Sementara, Sekretaris Jendral Kementerian Keuangan Hadiyanto mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian akhir dari seluruh proses rekrutmen yang telah dilakukakan beberapa hari lalu. Sehingga, penerimaan CPNS hasil rekrut tahun 2017 dari sekian banyak yang mendaftar hanya sedikit sebagian yang diterima di Kementerian Keuangan.

“Rekrutmen ini dimaksudkan untuk mengisi formasi lowongan yang ada. Karena selain untuk mengisi pegawai yang telah pensiun juga untuk mengisi adanya perubahan dan tantangan organisasi. Termasuk tantangan dari organisasi yang berkembang dan dinamis sehingga bisa merespon kualitas pelayanan Kementerian Keuangan,” kata Hadiyanto.

Menurutnya, rekrutmen kali ini sangat inklusif dimana dalam penyelenggaraannya sedapat mungkin bisa menempatkan seluruh potensi masyarakat atau potensi CPNS yang dapat ikut serta dalam rekrutmen yang mengikuti formasi umum yaitu dimasukan secara keseluruhan dari para lulusan D1, D3, S1 dan S2, juga ada formasi dengan alokasi khusus dengan lulusan terbaik.

“CPNS tahun sekarang ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Repormasi Birokrasi. Dengan rinciannya sebagai berikut, formasi lulusan PKN STAN sebanyak 4838 yang terdiri atas Program D1 sebanyak 2984 orang dan Program D3 sebanyak 1854 orang. Sedangkan untuk rekrumen umum ada 1840 dengan rinciannya, Tingkat Pendidikan D3 umum sebanyak 1138, Tingkat Pendidikan S1 sebanyak 701 dan Tingkat Pendidikan Magister S2 hanya 1 orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, dari semua itu nanti akan ditempatkan di 9 unit Eselon 1 yang membutuhkannya seperti di Staf Jendral, Ditjen Pajak, Bea Cukai, Ditjen Perbendaharaan, Ditjen Tata Negara, Ditjen Perbankan Keuangan, BKS dan BPPK.

“Nah, jumlah terbanyak dari formasi itu akan dialokasikan sebanyak 3779. Jadi dengan tambahan di tahun 2018 kita harapkan penerimaan bisa tercapai penuh,” ungkapnya.

Hasil rekrutmen sendiri sudah dilaksanakan melalui proses seleksi kompetensi dasar berbasis komputer dari mahasiswa program D1 dan D3. Sedangkan untuk Diploma umumnya diselenggarakan di 6 kota. Termasuk mulai pengumuman serta pemberkasannya telah dilakukan sampai tanggal 12 desember lalu.

“Dari semua hasil rekrutmen yang lulus, ada dua peserta dengan nilai SKB tertinggi yaitu Faisal Labid Zulfikar D3 Perpajakan lulusan PKN STAN untuk penempatan Sekretariat Jendral dengan skor 447. Dan dari rekrumen umum dengan nilai tertinggi adalah Linta Atina Rahman Tingkat Pendidikan S1 Teknik Mesin dengan skor 423,” terangnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: