MKKS Evaluasi Kerja KCD Wilayah 1

B-CHANNEL, CIAWI – Kepala Cabang Dinas (KCD) Wilayah 1 Kabupaten Bogor, Asep Sudarsono, melakukan koordinasi dengan sejumlah kepala sekolah SMK yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) di aula SMK Amaliyah Ciawi. Selain koordinasi, pertemuan ini, juga merupakan perkenalan dirinya yang baru dilantik beberapa hari lalu. Sekaligus ingin mendengar dan meminta masukan mengenai apa yang menjadi kendala selama masa kerja satu tahun di Balai yang sekarang berganti nama menjadi KCD.

“Selain perkenalan dan koordinasi, tujuan pertama saya kesini juga untuk orientasi lingkungan. Dimana, ingin lebih tahu mengenai masalah yang dihadapi oleh para kepala sekolah, sebelum mencari solusi penyelesaiannya. Sehingga, ketika tahu kondisi ril sebenarnya maka nantinya akan kita buat pemetaan dari skala prioritas mana dulu yang harus diselesaikan, jadi intinya itu saja,” ujarnya, Sabtu (24/2/18).

Ia menjelaskan, pembentukan KCD sendiri berawal dari dibentuknya Balai terlebih dahulu yang implementasinya berdasarkan UU no 23 tahun 2014. Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sangat merespon sampai akhirnya membentuk tujuh balai. Namun, seiring perjalanannya ketujuh balai ini ternyata kurang optimal terutama dalam pelayanan dan pengawasan. Mengingat, gabungan sekolah yang berada di wilayah satu yakni meliputi Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok sangat banyak hingga mencapai 900.

“Nah, untuk mengoptimalkan kembali akhirnya disikapilah dengan dibuat KCD menjadi 13. Misalkan, wilayah satu asalnya 3 sekarang jadi satu yaitu Kabupaten Bogor saja dengan jumlah SMA dan SMK hanya 500 sekolah. Sedangkan wilayah duanya Kota Bogor dan Depok. Pengalihan ini tujuannya, biar pengelolaannya berjalan sukses dan sesuai dengan tujuan awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” tuturnya.

Dengan adanya pengalihan kelola tersebut diharapkan bisa mengakomodir segala permasalahan yang selama ini menjadi keluhan para kepala sekolah. “Intinya, saya akan konsilidasi dengan kawan-kawan yang lain, hasilnya akan dicatat dan diskusikan lagi. Apalagi kan sekarang sudah ada MKKS yang merupakan wadah koordinasi berarti akan sangat membantu ketika ada keluhan dari kawan-kawan,” pungkasnya.

 

Reporter/Foto: Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: