Orasi Politik, Dadang- STS: Hindari Kampanye Negatif

B- CHANNEL, KOTA BOGOR– Calon Walikota Bogor, Dadang Iskandar Danubrata usungan PDI Perjuangan dan PKB serukan untuk mengedepankan perdamaian dan menjaga suasana kondusif di gelaran pilkada serentak tahun ini. Saat diminta sampaikan orasi politik di acara Deklrasi damai yang digelar KPU Kota Bogor di GOR Pajajaran, politisi PDI Perjuangan ini juga minta para pendukungnya tak gunakan isu SARA.

“Kita, PDI Perjuangan dan PKB yang lahir, besar, tumbuh kembang mendukung 4 Pilar Kebangsaan yakni UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI senantiasa berkomitmen tidak akan menggunakan isu SARA, juga kampanye hitam. Kita juga wajib mengdepankan semangat damai di lingkungan masing-masing,” ujar Dadang didampingi Calon Wakil Walikota, Sugeng Teguh Santoso, Minggu (18/2/2018).

Pasangan calon ( paslon) nomor urut 4 ini juga memastikan barisan tim pemenangan dan pendukungnya akan menghormati keragaman pilihan. Serta, pantang menggunakan kampanye hoax, atau yang bertentangan dengan payung hukum yang berlaku.

“Siap menang, siap kalah. Itu merupakan konsekuensi dalam perhelatan kontestasi demokrasi. Dan, kami PDI Perjuangan, PKB serta para relawan akan tunduk pada aturan yang berlaku. Dan, tak akan menggunakan cara-cara tidak terpuji dalam kampanye pilkada,” ucap Dadang yang langsung disambut riuh sorak para pendukungnya.

Saat gelaran Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU Kota Bogor tersebut, masing-masing pasangan calon menandatangani kesepakatan Pilwalkot Kota Bogor yang bersahabat, anti-hoax dan suku agama ras dan antar golongan (SARA).

Selain paslon Dadang Iskandar Danubrata dan Sugeng Teguh Santoso, hadir paslon Achmad Ru’yat dan Zaenul Mutaqin dengan nomor urut satu, Edgar Suratman dan Sefwelly Ginanjar Djoyodinigrat pasangan nomor urut dua. Dan, nomor urut tiga yang hanya dihadiri Dedie A Rachim, sedangkan Bima Arya Sugiarto dikabarkan tengah melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga.

Sebagai simbol perdamaian dilakukan pelepasan balon dan burung merpati. Selanjutkan KPUD Kota Bogor bersama Panwaslu melakukan konvoi kendaraan yang juga diikuti empat pasangan calon.

Konvoi tersebut dilakukan juga dalam rangka mengenalkan empat pasangan calon kepada masyarakat Kota Bogor. Konvoi itu juga diikuti para tim sukses masing-masing pasangan calon. Ketua KPUD Kota Bogor, Undang Suryatna mengatakan, pawai karnaval ini merupakan rangkaian deklarasi kampanye damai.

“Pawai karnaval kita keliling Kota Bogor bersama empat pasangan calon, start di pintu GOR Padjajaran dan Finish juga di GOR Padjajaran,” tutur Undang.

Undang menyebutkan pawai karnaval akan melewati rute GOR Padjajaran-Air Mancur-Perintis Kemerdekaan-Semeru-Cilendek-Abdullah bin Nuh-Sholeh Iskandar-KS. Tubun-Warung Jambu-A. Yani-Mila Kencana-GOR Padjajaran.

 

Reportase/foto.doc : Release

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: