Pembangunan Rumah Layak Huni Tahap Dua Rampung 80 Persen

B-CHANNEL, CARINGIN – Kepala Desa Pancawati, Iqbal Jayadi, mengatakan, realisasi pelaksanaan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahap kedua yang dibiayai dari Pemerintah Daerah saat ini sudah mencapai 80 persen.

“Rata-rata pelaksanaannya sudah capai 80 persen dan ini merupakan tahap kedua dari kuota 50 unit rumah yang dialokasikan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor,” kata Iqbal Jayadi, Jumat (8/12/2017).

Menurut Iqbal, bantuan RTLH sebesar 10 juta untuk per unitnya sudah didistribusikan sejak pertengahan bulan November 2017. Bahkan, sekarang ini warga penerima manfaat sedang melaksanakan perbaikan secara swadaya.

“Untuk datanya sendiri di tahun ini, yang kami ajukan sebanyak 270 unit dan ini juga masih ada yang dalam perbaikan. Namun, secara keseluruhan sebagiannya sudah ada yang rampung. Kedepan, ditahun anggaran 2018 mendatang akan mengajukan lagi karena masih ada 300-an unit rumah warga yang perlu diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Program RTLH Desa Pancawati, Mada mengatakan, bantuan yang diberikan kepada warga berupa barang material senilai Rp. 10 juta dengan mekanismenya dilakukan secara bertahap.

“Kita berikan bahan material atau bahan bangunan melalui 3 termin. Setelah termin pertama dibangunkan, nanti dikirim lagi oleh TPK, begitu seterusnya. Yang diberikan cash hanya berupa upah kerja saja,” jelasnya.

Dalam hal ini, lanjutnya, memang masih ada saja warga yang tak sabar dan meminta dikirim material secara sekaligus. Namun, sesuai aturan harus secara bertahap. “Sebelumnya, para penerima kita kumpulkan terlebih dahulu dan diberikan sosialisasi agar bisa memahami serta mengerti akan aturannya,” tegasnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: