Pemcam Caringin Salurkan Bansos Rastra Kepada 12 Desa

B-CHANNEL, CARINGIN – Sejak Januari 2018, Pemerintah Kecamatan Caringin telah menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) Rastra ke setiap desa yang ada di wilayah Caringin. Program bansos Rastra ini, diharapkan bisa tersalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai yang terdata oleh Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

“Kuantum Bansos Rastra yang telah tersebar di 12 desa di wilayah Caringin untuk saat ini sebanyak 68.990 Kg sedangkan jumlah KPMnya ada 6.899 KK,” kata Sekretaris Kecamatan Caringin, Winarso, Rabu (14/3/2018).

Ia menambahkan, Bansos Rastra ini, bukan pengajuan dari kecamatan namun langsung dari pemerintah pusat yang dikirim dari Bulog Subdrive Cianjur ke setiap desa. Sementara, pihak kecamatan hanya melakukan peninjauan dan pengecekan penyalurannya saja ke penerima.

“Setiap warga atau penerima manfaat Bansos Rastra akan mendapat beras sebanyak 10 kg secara gratis tanpa dipungut biaya. Tapi bagi yang sudah terdata, mekanisme pengambilannya pun menggunakan kartu Rastra, dan bagi penerima Rasta yang belum terdata di setiap desa bisa diusulkan melalui Musyawarah Desa(MUSDES). Mengingat, kemungkinan penerima yang awalnya kurang mampu kini telah sejahtera, pindah tempat atau meninggal,” ujarnya.

Selain Rastra, sambungnya, ada juga program bantuan lainnya dari Pemerintah yakni Bantuan Penerima Non Tunai (BPNT) yang merupakan bantuan pangan yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH, Rumah Pangan Kita, atau pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan Bulog dan Bank Himbara.

Sistem yang dipakai dalam penyaluran BPNT ini menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bantuan pangan serta berfungsi sebagai kartu tabungan. Dengan sistem ini, BPNT akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat dan hanya dapat digunakan untuk membeli bahan pangan berupa beras dan telur sesuai item yang ditetapkan pemerintah.

“Namun, BPNT ini belum bisa tersalurkan kepada penerima manfaat, karena rencananya nanti pada bulan April depan. Adapun rincian kuantum masing-masing desa antara lain Desa Tangkil menerima Rastra sebanyak 8430 kg, Desa Cinagara 5650 kg, Desa Pasir Buncir 4440 kg, Desa Pasir Muncang 5100 kg, Desa Muarajaya 1390 kg, Desa Caringin 3120 kg, Desa Cimande Hilir 3240 kg, Desa 9000 kg, Desa Cimande 4620 kg, Desa Ciherang Pondok 752 kg, Desa Ciderum 6490 dan Desa Pancawati 9990 kg,” terangnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: