Pemkot Bogor Ajak Warga Peduli Sampah

Reporter/Foto : Herry Priyatna

 

B-CHANNEL– Demi terciptanya Bogor bebas sampah tahun 2020, Pemerintah Kota Bogor dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Pedestrian Kebun Raya Bogor. Peringatan HPSN tersebut bukan hanya seremonial belaka, melainkan edukasi kepada pelajar dan masyarakat umum tentang pentingnya menjaga kebersihan dilingkungan Kota Bogor.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, Elia Buntang, mengatakan, kegiatan yang dilakukan hari ini merupakan bentuk upaya dalam memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana cara memelihara dan memanfaatkan sampah.

“Seperti kita ketahui semua, musibah banjir yang terjadi di SMAN 2 Bogor itu, akibat adanya tumpukan sampah didalam saluran air. Maka itu, kita mengajak kepada warga untuk peduli terhadap kebersihan, supaya hal itu dapat meminimalisir akan terjadinya bencana,” kata Elia disela acara, Jumat (10/03/17).

Ia menjelaskan, dalam sehari petugas DLH mengangkut sampah sampai 650 ton perhari. Hal itu, disebabkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan terutama terhadap sampah.

Sebetul, kata Elia, sampah itu bisa dimanfaatkan dengan baik, bahkan bisa menjadi sumber pendapatan ekonomi masyarakat, asalkan mereka bisa mengalolanya. Misalkan, mereka bisa memilah sampah antara an organik dan non organik atau sampah-sampah yang tidak bisa dimanfaatkan, maka diharapkan sampah tersebut dikubur didalam tanah.

Maka demikian, dengan adanya gerakan seperti itu otomatis selain menjadi sumber perekonomian mereka, bencana seperti banjir dan longsor pun dapat diminimalisir. Jadi, disini kita butuh kesadaran masyarakat, agar semua yang kita harapkan dapat tercapai, terutama Bogor bebas sampah di 2020.

Sementara Kepala Bidang Persampahan DLH Kota Bogor, Daden Hidayat, menambahkan, kegiatan ini sekaligus untuk menyosialisasikan dan memperkenalkan kepada masyarakat bagaimana cara memilah sampah dengan baik. Artinya, sampah-sampah tersebut jangan sampai dibuang semua, karena sampah juga ada yang bisa dimanfaatkan.

“Gerakan ini, akan terus kami upayakan dan disosialisasikan kepada warga. Tujuannya, untuk menjadikan Kota Bogor bebas sampah, sekaligus mengajarkan masyarakat untuk kratif memanfaatkan sampah-sampah yang selama ini dibuang percuma, sehingga nantinya mereka memiliki penghasilan dari pemanfaatan sampah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: