Pencetakan Akta Kelahiran Naik 93 Persen

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Berdasarkan hasil pencatatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Bogor, pencetakan Akta kelahiran anak di sepanjang tahun 2018 hingga saat ini, mengalami lonjakan yang cukup besar. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Pencatatan Sipil, DRA. Sonia saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/4/18).

Ia menuturkan, hingga bulan April 2018, Akta kelahiran yang sudah tercetak sekitar lima ribu lebih. Artinya Disdukcapil berhasil mencetak Akta kelahiran anak hingga 93,13 persen. Sangat berbeda jauh jika dibandingkan dengan tahun 2016 yang hanya mencapai 34 persen.

“Dalam waktu satu tahun Disdukcapil kota Bogor mengalami kenaikan 60 sekian persen. Secara fisik sebenarnya kota Bogor itu sudah 97 persen pembuatan Akta, akan tetapi karena kita baru ter integrasi secara online-nya 2016 awal, pencapaian kita rendah. Tapi di tahun 2017, kita sudah mencapai 93 persen. Berarti kita memiliki pekerjaan rumah hanya 1 persen,” bebernya.

Karena itu, lanjutnya, Disdukcapil bekerjasama dengan instansi-instansi lain seperti Dinas Pendidikan, Imigrasi, BPJS dan lainnya, untuk mewajibkan Akta kelahiran itu harus dimiliki.

“Saya berharap kepada seluruh warga kota Bogor yang sudah memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) tunggal, dan sudah tercatat di KK (Kartu Keluarga) agar melakukan pelaporan prosedural yang di butuhkan,” ungkapnya.

 

Reporter: Andi
Foto: dok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: