Penyambutan Kedatangan Kloter Pertama Jemaah Haji Kota Bogor

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Kloter 04 JKS jemaah haji asal Kota Bogor telah tiba di Masjid Raya Bogor. Kedatangan jemaah haji ini merupakan kloter pertama yang tiba di Kota Bogor dan keempat di Nasional. Disampaikan oleh Kasi Penyepenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Kota Bogor, Ade Syarmili mengatakan, ada tiga kloter yang diberangkatkan dari Kota Bogor dan ini kloter pertama yang telah kembali.

Sebelumnya, jemaah berangkat dari Jeddah tepatnya di bandara King Abdul Aziz sekitar pukul 17.25, sampai di Jakarta pada pukul 09.00 WIB, kemudian para jemaah langsung dibawa ke embarkasi asrama haji, Bekasi dan sekitar pukul 14.30 WIB barulah sampai di Masjid Raya Bogor.

“Total jemaah yang pulang hari ini sebanyak 405 jemaah, dari kloter 04 JKS dengan total keseluruhan sebanyak 1050 jemaah,” ucap Ade kepada bogorchannel.co.id, Jumat (08/09/17).

Selama proses pelaksanaan ibadah haji, sambung Ade, seluruh jemaah dalam keadaan sehat wal afiat. Namun, ada satu orang jemaah yang meninggal dunia. Jemaah tersebut dari kloter 69 atau kloter kedua asal KBIH Sirojul Munir, bernama Samsul Bahri (80) warga Kecamatan Tanah Sareal. “Jemaah yang meninggal satu orang, dikarenakan sakit. Tetapi, seluruh proses ibadah haji sudah selesai dan semoga almarhum menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ade menambahkan, selain itu ada dua orang jemaah haji yang sakit dan nanti pulangnya akan ikut dengan kloter 69. Kepulangan jemaah haji berikutnya kloter 69 JKS pada tanggal 27 September dan kloter 77 JKS pada tanggal 29 September 2017.

“Semua barang bawaan jemaah Alhamdulillah tidak ada yang tertinggal. Secara umum jemaah Kota Bogor dalam keadaan sehat selama menjalankan ibadah haji, kalaupun ada yang sakit itu karena faktor usia dan cuaca,” pungkasnya.

Sementara, kedatangan para jemaah haji ini disambut hangat oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya di dampingi sang istri, Yane Adrian. “Dari kloter pertama yang datang, sejauh ini semua jemaah dalam keadaan sehat, lancar, dan sesuai dengan jadwal kedatangannya. Diharapkan kloter berikutnya sampai terakhir pun jemaahnya dalam keadaan sehat dan dimudahkan segalanya,” singkatnya.

 

Reporter/Foto: M. Taufik Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: