PKBL Pertamina Berdayakan Potensi UMKM di Sempur Lewat Kampung Niaga

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Rencana pendirian Kampung Niaga di wilayah Kampung Rambutan, Kelurahan Sempur, semakin dimatangkan realisasinya. Hal tersebut dikatakan Lurah Sempur Rena Da Frina usai rapat pembahasan teknis di kantor Kelurahan Sempur, Rabu (13/9/17).

Dikatakan Rena, saat ini dari Kelurahan Sempur fokus kepada program yang disusun dalam bentuk proposal dan dalam seminggu ini harus selesai untuk diajukan kepada PKBL Pertamina. Setelah itu, dalam waktu dekat juga akan ada survei yang dilakukan pihak pendamping dari Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Pertamina.

“Karena ini bantuan CSR dari Pertamina untuk sektor perekonomian, di program ini tantangan kami adalah menyiapkan lokasi dan memberdayakan para pelaku UMKM agar produknya berkembang hingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakatnya,” ujarnya.

Sementara itu, DR Sri Bawono selaku pendamping PKBL menjelaskan, kenapa sampai ada program seperti ini di Kelurahan Sempur? karena di Kelurahan Sempur memiliki potensi untuk di tingkatkan dari sektor ekonomi melalui pemberdayaan masyarakat UMKM atau pelaku mikro kecil, di samping lokasinya yang strategis dan memungkinkan.

“Berdasarkan hal itu, munculah suatu ide untuk mengembangkan pelaku usaha kecil dan mikro melalui program kampung niaga sebagai tempat para pelaku usaha kecil berlatih mengembangkan bisnisnya. Tujuan utama dari kampung niaga adalah bagaimana masyarakat UMKM atau pelaku usaha kecil ini dapat meningkat menjadi usaha yang lebih maju dan pada akhirnya nanti para pelaku ini akan menjadi mandiri,” terangnya.

Ia menambahkan, jika perekonomian masyarakatnya maju tentunya akan membuat kelurahan ini juga menjadi maju. Jika kelurahannya maju maka kota nya pun akan ikut maju. Secara keseluruhan jika kota nya maju pasti akan memajukan provinsi dan juga negara nya. “Nah, untuk memajukan ekonomi tidak lain harus ada aktifitas bisnis dan itu tergantung dari para pelaku SDM nya, pemerintah, dan tingkat pendidikan yang memadai,” pungkasnya.

 

Reporter: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: