Politeknik Kent Prasetiya Mandiri Bogor Gelar Seminar Ngopi Sambil Belajar

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Untuk pertama kalinya, Politeknik Kent Prasetiya Mandiri Bogor bekerjasama dengan PT. Santino Coffee menyelenggarakan seminar Kent Brewing Day atau hari meracik kopi. Acara yang diikuti oleh para mahasiswa dan pelajar se-Kota bogor, berlangsung di aula Politeknik Kent, Jalan Bina Marga No.19, Kelurahan Baranangsiang, Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu (16/12/17).

Acara langsung dibuka dengan penampilan tarian Didong Gayo asal Aceh, serta menghadirkan sejumlah pembicara, yakni pengusaha-pengusaha kopi diantaranya pengusaha kopi Gayo dan kopi Cikoneng Bogor.

Pudir 3 Kemahasiswaan dan IHTa, Azzam Gayo mengatakan, acara ini untuk memperkenalkan tentang cara meracik kopi, jenis-jenis kopi dan sebagainya yang berkaitan dengan kopi. Intinya, acara ini untuk memberikan motivasi kepada para mahasiswa dan mengajak para pelajar tentang kopi.

“Saat ini, kopi itu merupakan salah satu prodak unggulan yang bisa mengangkat daerah dan bisa masuk ke industri-industri pariwisata. Selain itu, tidak terlepas juga dari budaya yang artinya dimana kita berpijak pasti disitu budaya harus kita angkat. Intinya, mahasiswa yang nasionalis itu mahasiswa yang tahu akan jati dirinya. Tahu akan tradisi bangsanya, mengangkat sumber daya alam dan budayanya, dan itu bisa menjadi pegangan hidup,” ucapnya.

Ini hanya sebagai pembuka pengenalan, sambung Azzam, dan kedepan pihaknya akan membuat training kursus bagi mereka yang memang ingin terjun di dunia barista atau penyaji kopi.

“Dengan program ini diharapkan kedepan, orang bisa mengenal politeknik kent atau yuk kita ngopi di politeknik kent, tetapi bukan hanya sekadar ngopi, melainkan kita perkenalkan juga kualitas-kualitas kopi, kopi nusantara, bahwa kopi itu sehat dan juga cara bagaimana menjadi seorang barista, baik secara manual maupun menggunakan mesin,” ungkapnya.

Selain menyelenggarakan seminar, turut hadir stand-stand dari berbagai komunitas seperti, Komunitas Kopi Gayo, Komunitas Kopi Bogor dan undangan lainnya.

“Disini juga kita mengundang stand-stand kopi yang menyajikan baik secara manual maupun menggunakan mesin. Jadi, kopi ini merupakan sumber alam dari Indonesia yang bisa mengangkat kita mendunia,” tandasnya.

 

Reporter/Foto: M. Taufik Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: