Ponpes Modern Daarul ‘Uluum Wisuda 73 Santri Angkatan 2018

B-CHANNEL, KOTA BOGOR-Para calon ulama muda Pesantren Modern Daarul Uluum kelas enam angkatan 2018 berjumlah 73 santri resmi diwisuda oleh Mudirul Ma’had yang Sebelumny telah melewati berbagai ujian kelas akhir di Pesantren Modern Daarul Uluum, Sabtu (09/06/18).

Dalam sambutannya, Ustadz Iqbal Harafa Ketua Yayasan Pesantren Daarul Uluum Bogor menyampaikan ucapan selamat sekaligus memberi motivasi kepada wisudawan dan wisudawati untuk dapat menerima hasil yang telah didapat selama mengikuti ujian.

“Selamat dan sukses untuk para calon ulama muda yang telah lulus dalam menjalankan berbagai ujian yang telah dilalui selama mengikuti pendidikan di Ponpes Modern Daarul Uluum,” Uujarnya.

Sementara itu, perwakilan wali santri wisudawan dan wisudawati Bunga Nurfauziah dalam kesempatan sambutanya menyampaikan rasa syukur karena anak didiknya dapat menyelesaikan studi di pesantren.

“Saya mewakili wali-wali wisudawan dan wisudawati sangat bersyukur atas sampainya anak-anak kami sampai dijenjang wisuda ini, itu menandakan bawa putra-puteri kami telah berhasil menyelesaikan Studi di pesantren ini,” jelasnya.

Suasana tegang haru dan bahagia tercampur saat Ust. Harun Alrasyid Salah satu dewan guru Bagi santri kelas enam membacakan Surat Keputusan sekaligus membacakan urutan Yudisium wisudawan dan wisudawati.

Selain itu, H. Hasbulloh, SE., MA. Ek Kepala MA Daarul Uluum menambahkan dari 73 santri yang diwisuda, 32 diantaranya adalah santri jenjang Madrasah Aliyah program IPS, berasal dari Kampus 1 Daarul Uluum Bantarkemang, Baranangsiang Kecamatan Bogor Timur.

“Bagi santri yang ingin melanjutkan Studi ke perguruan tinggi, Daarul Uluum menawarkan beasiswa di sejumlah perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri. Ini untuk memotivasi agar lulusan Ponpes Modern Daarul Uluum senantiasa memiliki semangat untuk terus belajar,” ujar Hasbulloh yang juga menjabat sebagai Ketua umum perkumpulan Guru Madrasah Indonesia, Tingkat Kota Bogor, kepada media.

Turut menghadiri dalam acara wisuda tersebut diantaranya, kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Kota Bogor, Drs. H. Ahyan, M. Pd. Camat Bogor Timur, Adi Novan, M. Si serta sejumlah tokoh masyarakat dan para alim Ulama.

Bukan hanya itu, selain agenda wisuda, pada hari tersebut juga dilaksanakan penutupan program pesantren Ramadhan dan pembagian raport hasil penilaian akhir tahun Bagi seluruh santri Daarul Uluum dari kelas 1 sampai dengan kelas akhir.

Sebagai informasi data hasil rapat yudisium pada Lima hari sebelum wisuda telah menghasilkan persentase perolehan Yudisium wisuda beragam, seperti diantaranya, Dhaif (Nilai E), Hasan (Nilai D), Jayyid (nilai C), Jayyid jiddan (nilai B) hingga mumtaz (nilai A).
Siti Nuraisyah Putrisari yang mendapatkan yudisium mumtaz dengan perolehan nilai 80 – 90. Tangisan kesenangan terlihat di wajah keempat wisudawati yang mendapatkan yudisium mumtaz itu.

 

Reporter: Achmad Jumaedi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: