Puluhan Muadzin Siap Rebut Tiket Umroh

B-CHANNEL, KOTA BOGOR– Puluhan peserta muadzin asal Bogor bakal meramaikan penyelenggaraan lomba adzan yang digagas pengurus Masjid Baitur Ridwan, dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1439 Hijriah dan Milad ke-2 Masjid Baitur Ridwan.

Lomba adzan kali pertama digelar bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor berlangsung pada 21 September 2017 mendatang dengan memperebutkan tiket umroh ke Tanah Suci Makkah.

Ketua Panitia lomba adzan, Ust Lukman Hakim mengatakan, hingga hari ini, jumlah peserta muadzin yang sudah mendaftarkan diri tercatat 80 peserta, berasal dari berbagai daerah di Bogor. Mereka yang daftar selanjutnya diwajibkan untuk mengikuti techical meeting oleh panitia penyelenggara.

“Alhamdulillah, hari ini kita lakukan technical meeting, seluruh peserta yang hadir langsung mengambil nomor urut untuk tampil di lomba nanti,”kata Ketua Lukman.

Lukman menjelaskan, dalam lomba, para peserta nantinya akan melantunkan suara adzan dengan irama sesuai dengan thoriqoh yang berlaku, selain penilaian tajwid, pasohah, nagmah (lagu) dan adab.

Ketua DKM Baitur Ridwan, yang juga salah satu pendiri Masjid termegah di kawasan Kecamatan Bogor Barat, Firman Sidik Halim juga mengatakan, lomba adzan dalam rangkaian kegiatan keagamaan oleh DKM Baitur Ridwan dipilih karena ingin seluruh masjid itu memiliki muadzin yang berkualitas selain suara merdu.

Karena jika muadzin memiliki suara merdu dan indah saat melantunkan adzan dengan magnahnya, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi warga yang mendengar adzan untuk datang masjid dan melakukan shalat berjamaah.

“Lomba adzan digelar karena ada dorongan rasa keprihatinan, ketika ada muadzin mengumandangkan adzan di masjid dengan suara seadanya. Kedepan diharapkan dapat menghasilkan para muadzin yang memiliki suara merdu dan indah dengan magnah saat mengumandangkan adzan di Masjid,”ungkap salah satu pendiri Masjid Baitur Ridwan yang beralamat di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

 

Reporter/Foto: Dani

%d bloggers like this: