Puskesmas Caringin Gelar Sosialisai Belkaga ke-3

B-CHANNEL, CARINGIN – Ratusan kader Posyandu, PKK, Bidan, dan tokoh agama setempat mengikuti kegiatan sosialisasi Belkaga ke-3 tahun 2017 yang diselenggarakan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas Kecamatan Caringin yang dilangsungkan di ruang aula Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, pada Rabu (04/10/17).

“Sosialisasi ini di gelar untuk membentuk kerja maksimal dalam pemberian obat pencegahan masal (POPM) filariasi atau kaki gajah, karena di tahun ketiga sekarang ini kami menargetkan diatas tujuh puluh persen pemberian POPM kepada warga,” Kata Kepala UPT Puskesmas Caringin,‎ Dr.Tjetjep Suryana.

Ia menjelaskan, untuk mencapai itu pihaknya meminta kepada petugas agar melaksanakan pemberian POPM secara intens dengan cara dilakukan di pos minum obat termasuk melakukan sweping ke rumah penduduk sehingga target yang di inginkan tercapai.

“Di Puskemas Caringin ada enam desa dan UPT-nya sendiri ada dua desa yang akan melaksanakan POPM, seperti UPT Desa Cinagara serta UPT Desa Ciderum. Sedangkan untuk awalnya kami adakan pendataan ulang yang dimulai dari tanggal 5 sampai 7,” Imbuhnya.

Untuk pemberian obatnya ada perbedaan antara tahun sekarang dengan tahun sebelumnya, dimana secara umum di tahun kemarin diberikan pada usia tujuh puluh tahun sudah melewati batas pemberian. Sementara di tahun sekarang umurnya tujuh puluh satu, jadi tidak di berikan obat lagi biar up date datanya mudah ketika dalam pelaksanaannya.

Senada dikatakan Rumamby Camat Kecamatan Caringin. Ia berharap kegiatan POPM ini bisa berjalan lancar dan sukses sehingga tidak ada lagi khususnya warga Caringin yang terkena penyakit kaki gajah. Karena itu, ia meminta kepada seluruh kader dan petugas puskesmas berkerja sama ketika pembagian obat kaki gajah.

“Saya akan perintahkan semua perangkat desa untuk terus mensosialisasikan kegiatan POPM ini, agar target yang di inginkan kepala puskesmas termasuk saya bisa tercapai dengan baik, mari kita sukseskan bulan eleminisasi kaki gajah ini supaya tidak ada warga yang terkena penyakit kaki gajah,” harapnya.
(AS)‎

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: