Rias Pengantin Sagara Asih, Buat Pengantin Tampil Beda dan Cantik

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Pernikahan merupakan momen bahagia yang sangat di nantikan setiap orang dalam seumur hidupnya. Beberapa kebutuhan yang biasanya dipersiapkan oleh calon pengantin, salah satunya adalah tata rias yang akan digunakan pada saat melangsungkan akad nikah dan resepsi hingga selesai acara.

Pada umumnya, pasangan pengantin pasti ingin tampil anggun bak raja dan ratu di hari pernikahan. Para perias pengantinlah yang membuat wajah mereka terlihat berkilau di atas pelaminan. Meski tidak setiap hari ada hajatan pernikahan, namun prospek bisnis perias pengantin ini, bisa jadi bisnis yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga.Melihat hal itu, Siti Nirmala, salah seorang perias pengantin mencoba memanfaatkan peluang dengan membuka jasa tata rias pengantin dengan nama Sagara Asih. Walau terbilang baru dalam usaha ini, namun, ibu muda yang sudah memiliki 2 orang anak ini, telah banyak menangani pesta pernikahan dari berbagai daerah.

Saat ditemui dikediamannya di Jalan Raya Margabhakti Rt.03/01 nomor 14A Kelurahan Kertamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Siti Nirmala yang akrab disapa Teh Irma menuturkan, keinginannya membuka usaha jasa tata rias pengantin ini sudah cukup lama ia rencanakan sejak dirinya belum berumah tangga. Menurutnya, merias pengantin tidak bisa dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh profesional. Karena para perias ibaratnya melukis di atas kanvas wajah.Demi hari istimewa pernikahan, kaum perempuan rela mempercantik diri sejak jauh hari dengan aneka perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Apalagi ketika hari H, tampil cantik maksimal menjadi satu keharusan. Meski hanya berlangsung beberapa jam, riasan pengantin di hari pernikahan membutuhkan persiapan ekstra dan ketrampilan khusus. Karena, si pengantin harus terlihat cantik dan segar, meski berdiri berjam-jam bersalaman dan menyapa semua tamu undangan.

“Riasan pengantin sangat berbeda dengan riasan sehari-hari. Apalagi bila mengenakan pakaian adat, riasan pengantin harus menyatu dengan nilai-nilai tertentu agar menyatu dengan pakaian adat dan sesuai dengan kaidah adat bersangkutan,” terangnya.Ia menjelaskan, perias pengantin tidak sekedar merias wajah pengantin pada hari H. Sebelumnya, perias sudah bertemu dan berdiskusi untuk mengetahui tema dan kepribadian pengantin. Jadi, tidak sekali datang, minimal dua kali pertemuan. Kedekatan emosional antara perias dengan pengantin juga memberi pengaruh agar hasil riasan bisa memancarkan kecantikan pribadi sang pengantin. Karena, menjelang hari H biasanya pengantin stres, jadi perias harus bisa membuat nyaman pengantin.

“Perias pengantin secara efektif hanya bekerja selama dua hari, yaitu di akhir pekan, jadi tidak akan mengganggu tugas sebagai ibu rumah tangga. Biasanya bukan hanya pengantin saja yang dirias. Kedua orang tua mempelai, para pengiring dan penerima tamu biasanya juga membutuhkan riasan. Jadi, meski hanya bekerja di akhir pekan, pekerjaan para perias pengantin ini terbilang banyak,” ungkapnya kepada bogorchannel.co.id

Nah, buat para calon pengantin yang masih bingung mencari penata rias untuk pernikahan Anda, Sagara Asih bisa menjadi solusi utama untuk tata rias pernikahan Anda.

 

Reporter: Achmad Jumaedi
Foto: istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: