Rp 253 Miliar, Kawasan Tato Bakal Disulap Jadi City Park

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Wakil Wali Kota Usmar Hariman melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah lokasi diantaranya, pembangunan revitalisasi Blok F Pasar Kebon Kembang, Blok G, Jalan Nyi Raja Permas hingga ke kawasan Taman Ade Irma Suryani atau Taman Topi.

Usmar mengatakan, rencana pembangunan revitalisasi Blok F saat ini sudah bagus, pihak ketiga sudah membangun TPS dan pedagang segera di pindahkan ke TPS. Namun karena ada proses hukum soal pedagang yang menggugat ke Pengadilan Negeri (PN) Bogor, sebaiknya aspirasi pedagang diakomodir oleh pihak PDPPJ.

“Pembangunan TPS sangat bagus dan permanen. Itu menunjukan bahwa pihak ketiga serius dalam membangun Blok F. Namun memang ada persoalan lain, yaitu pedagang menggugat ke PN, semuanya harus diakomodir dan pihak PDPPJ harus pro aktif ke PN, agar tidak menggangu proses pembangunan,” kata Usmar.

Kalau memang harus menghormati proses hukum di PN, Lanjut Usmar, maka pembangunan revitalisasi Blok F dihentikan dulu, tetapi kalau pihak PDPPJ memiliki argumen lain, maka tidak jadi masalah dilanjutkan pembangunannya. Setelah melihat lokasi Blok G, memang kondisinya harus segera di revitalisasi, dan dana yang dipergunakan cukup mengandalkan dana yang ada di PDPPJ, tidak perlu di kerjasamakan kepada pihak ketiga. “Blok G itu hanya ada 32 unit, jadi tidak perlu dikerjasamakan, cukup menggunakan dana yang ada di PDPPJ saja,” ujarnya.

Usmar menambahkan, kawasan depan PT KAI Jalan Nyi Raja Permas seharusnya sudah bebas PKL karena para PKL akan direlokasi ke Jambu Dua, tetapi sampai saat ini belum disiapkan sehingga PKL masih menguasai Jalan Nyi Raja Permas. Kaitan masalah Taman Topi, kerjasama Pemkot Bogor dengan pihak ketiga akan selesai pada Desember 2018 dan sudah dipastikan tidak akan di perpanjang.

“Ada 2,1 hektare lokasi Taman Topi akan disulap menjadi halaman Masjid Agung dan di lantai bawah ada tenan untuk PKL maupun UKM, untuk permainan anak anak juga ada. Ini akan lebih indah dan akan menjadi city park Kota Bogor. Prediksi investasi 253 miliar untuk membangun kawasan Taman Topi dengan kerjasama selama 20 tahun,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani
Foto: istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: