Sambut Tahun Baru Hijriyah, 100 Muadzin Ikuti Lomba Adzan

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Puluhan kali adzan berkumandang melalui pengeras suara di dalam lingkungan Masjid Baitur Ridwan di Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kelurahan Cilendek Barat, Kecamatan Bogor Barat, Kamis (21/9/17). Adanya kumandang adzan tersebut diketahui tengah berlangsung lomba adzan antar DKM se-Kota dan Kabupaten Bogor selama satu hari penuh.

Lomba adzan yang diselenggarakan oleh Pengurus DKM Masjid Baitur Ridwan bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor tersebut digelar dalam rangka menyambut tahun baru 1439 Hijriyah dan Milad ke-2 Masjid Baitur Ridwan.

Kegiatan ini diikuti oleh 100 muadzin dari Kota dan Kabupaten Bogor. Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua DKM Baitur Ridwan, Firman Sidik Halim yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Firman menyampaikan, lomba adzan ini bertujuan untuk mengangkat potensi muadzin baik di Kota maupun Kabupaten Bogor, agar setiap masjid ataupun mushola memiliki muadzin yang bisa menggugah masyarakat untuk shalat berjamaah dan tentunya agar masjid pun menjadi ramai.

“Dengan adanya kumandang adzan yang merdu dan sahdu diharapkan dapat menggugah kaum muslimin untuk beribadah di masjid ataupun di mushola. Selain itu, melalui lomba ini mudah-mudahan dapat melahirkan muadzin-muadzin berkualitas, di samping sebagai syiar dalam menjalin silaturahmi antar DKM yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Selain lomba adzan, sambung Firman, dilaksanakan juga kegiatan bakti sosial santunan kepada 500 anak yatim piatu dirangkaikan dengan acara tabliq akbar.

“Setelah lomba adzan ini, kami akan terus merangkul muadzin-muadzin yang ada di Kota dan Kabupaten Bogor agar muadzin terus dapat meningkatkan kualitasnya. Semoga di kemudian hari lahir muadzin-muadzin baru yang meneruskan tugas mulia ini di masjid-masjid dan mushola,” ungkapnya.

 

Reporter: M. Taufik Hidayat
Foto: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: