Sambut Tahun Baru Hijriyah, Anak-Anak Ini Pawai Obor Pakai Baju Adat

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Memasuki tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1439H, warga dari dua kelurahan yakni Kelurahan Kayu Manis dan Kelurahan Cibadak menyambutnya dengan mengadakan arak-arakan pawai obor yang diikuti ratusan peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Uniknya, para peserta pawai obor yang di dominasi oleh anak-anak ini, dilakukan dengan memakai bermacam baju adat dari berbagai daerah.

Dikatakan oleh Ketua Panitia, Galuh Ramaditya, peserta yang mengikuti pawai obor ini adalah warga dari tujuh RT dalam dua RW dari Kelurahan Kayu Manis dan Kelurahan Cibadak. Tercatat, sebanyak 300 lebih peserta dari anak-anak, remaja dan dewasa mengikuti pawai ini. Diharuskannya memakai baju adat, hal itu sengaja dilakukan agar masyarakat khususnya anak-anak dan remaja mengenal dan ingat pada adat tradisi budayanya.

“Pawai menggunakan baju daerah ini juga dilombakan. Selain dari baju adat, kategori penilaiannya adalah kekompakan masing-masing RT. Hadiahnya mulai dari peralatan rumah tangga sampai peralatan sekokah,” jelasnya kepada bogorchannel.co.id, Rabu (20/9/17).

Sementara, Ketua DKM Al Muqorrobin, Bahruddin, menyampaikan, kegiatan ini adalah dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah 1 Muharram 1439H. Sebagai umat muslim, ini perlu dirayakan karena sebagian masyarakat sudah lupa bahkan banyak juga yang tidak tahu tanggal dan bulan yang ada di kalender Hijriyah.

“Harapan kedepan kegiatan ini akan terus dikembangkan bukan hanya di tahun baru Hijriah saja tapi juga di momen-momen lainnya supaya terbentuk kebersamaan antar lingkungan. Dengan cara ini, warga antar RT dan RW yang tadinya kurang komunikasi dan kurang mengenal akan jadi saling kenal. Jika sudah saling kenal, maka kebersamaan akan terwujud dan bangsa kita pun akan solid serta kuat,” ungkapnya.

 

Reporter/Foto: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: