Sat Lantas Polresta Bogor Kota Goes To School Bagikan Helm Kepada Pelajar

B-CHANNEL, KOTA BOGOR – Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya didampingi Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji, membagikan sejumlah helm kepada para pelajar usai pelaksanaan upacara bendera di SMA Negeri 9 Bogor. Aksi tersebut merupakan program Police Goes To School atau Polisi masuk sekolah, yang pada kesempatan kali ini, jajaran Kepolisian Resor Kota Bogor Kota melakukan kunjungan ke SMAN 9 Jalan Kartini No.1, Ciwaringin, Bogor Tengah pada Senin (18/9/17) pagi.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji, menyampaikan, program unggulan Polresta Bogor Kota ini adalah bentuk peran serta Kepolisian dalam merangkul kalangan pelajar menghindari dan menjauhi hal-hal negatif khususnya ancaman-ancaman yang mengarah pada aktivitas dan interaksi sosial melalui berbagai media maupun sarana.

“Di samping kegiatan Polisi masuk sekolah, dalam menyambut HUT Polantas ke-62 tahun 2017 Sat Lantas Polresta Bogor Kota membagikan helm gratis kepada para pelajar yang dimaksudkan agar para pelajar yang membawa kendaraan harus melengkapi surat-surat dan kelayakan kendaraannya termasuk memakai helm jika berboncengan,” terang Bram sapaan akrabnya yang didampingi Wakasat Lantas Polresta Bogor Kota, AKP Silfia Sukma Rosa.

Bram mengungkapkan, fenomena penggunaan kendaraan bermotor di kalangan pelajar saat ini, merupakan hal yang lumrah dan dianggap biasa oleh para orang tua. Namun, hal tersebut menjadi buah simalakama melihat kondisi faktual saat ini, dimana usia pelajar yang belum 17 tahun dan belum berkompeten mengendarai kendaraan bermotor banyak menjadi pelaku maupun korban kecelakaan lalu lintas. Namun, disisi lain, orang tua berpendapat ingin anaknya cepat sampai di sekolah dan lebih ekonomis bila menggunakan motor.

“Kami menghimbau kepada pihak sekolah untuk tidak memfasilitasi penggunaan kendaraan bermotor bagi para siswa ke sekolah. Dan dihimbau kepada para pelajar yang belum memiliki SIM agar tidak menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya. Hal tersebut, bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas korban dari kalangan pelajar,” himbaunya.

Bram menambahkan, tahun 2017-2018 Kepolisian RI melalui Koprs Lalu Lintas mencanangkan tahun tersebut sebagai tahun keselamatan untuk kemanusiaan. Hal tersebut bertujuan dalam rangka menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan serta menumbuhkan komunitas dan element masyarakat sebagai mitra pro-aktip dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.

“Tanggal 22 September, Polisi Lalu Lintas (Polantas) menyambut hari jadinya yang ke-62. Peringatan tahun ini mengambil tema yang berkaitan dengan tahun keselamatan untuk kemanusiaan yaitu “Indonesia Aman, Selamat, Tertib dan Lancar Melalui Modernisasi Polantas Sebagai Implementasi Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan”. Diharapkan dengan semakin matangnya usia Polantas, dapat semakin modern dan profesional dalam membantu masyarakat Bogor khususnya dalam mengatasi permasalahan pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

 

Reporter: Andi
Foto: dok.humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: