Semarak Lomba Balita Sejahtera 2017 Tingkat Kota Bogor

B-CHANNEL, Kota Bogor – Masih dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535, Dinas Kesehatan Kota Bogor kembali menyelenggarakan Lomba Balita Sejahtera Indonesia (LBSI) 2017. Kegiatan yang dilangsungkan di gedung Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (BAKORWIL) Wilayah I, Jalan. Ir. H. Juanda No. 4, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, ditujukan untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak-anak balita yang ada di wilayah Kota Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Dr. Rubaeah mengatakan, LBSI ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Lomba dilakukan berjenjang mulai dari tingkat Posyandu, Kelurahan, Kecamatan dan puncaknya di tingkat Kota Bogor.

“Tujuannya lebih utama untuk memotivasi orang tua dalam hal mendidik dan mengasuh anak dengan baik, dari segi kesehatan umum, gigi serta tumbuh kembang balita, agar menjadi anak-anak yang sehat dan memiliki kualitas hidup yang baik. Diharapkan setelah mengikuti lomba para peserta dapat membagi ilmunya kepada warga di sekitar lingkungannya,” ucapnya, Jumat (7/7/17).

Nantinya, sambung Rubaeah, setiap anak menjalani pemeriksaan gizi, kesehatan gigi dan kesehatan umum oleh tim juri dari dokter puskesmas dan bidan. Begitupula untuk gizi baiknya, diukur sesuai usia anak dan berat anak. Dan kesehatan umum meliputi kondisi tumbuh kembang anak dilihat dari warna kulit, kesehatan kulit, warna rambut, kondisi telinga.

“Setiap anak mengikut lomba dengan tiga kategori yakni dari gizi buruk ke gizi baik, kategori balita umur enam bulan sampai 23 bulan, dan 24 bulan sampai 59 bulan. Nah, yang dinilai adalah kesehatan umum, kesehatan gigi dan kesehatan tumbuh kembangnya. Dari 27 anak terpilih masing-masing kategori tiga anak yang jadi juara satu sampai tiga,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, dalam kegiatan ini, harus disadari yang paling penting untuk membesarkan seorang anak, bukan hanya sekedar menyiapkan anak menjadi dewasa, generasi yang siap bekerja, tangguh. Tetapi, harus memperhatikan hal-hal terkait kesehatan rohaninya.

“Yang paling penting itu menjaga kesehatan rohaninya. Disini mari kita menjaga kesehatan anak-anak kita bukan hanya dari fisiknya saja, tetapi dari rohaninya juga,” singkatnya.

 

Reporter/Foto : M. Taufik Hidayat
Editor: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: