Sembilan Ketua PPL Desa se-Kecamatan Cigombong Dikukuhkan

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Sebanyak sembilan orang perwakilan dari sembilan desa se-Kecamatan Cigombong resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh ketua Panitia Pengawas (Panwas) Kecamatan Cigombong. “Sembilan orang ketua PPL desa yang dilantik ini sesuai SK Ketua Pengawas Kecamatan Cigombong nomor 01/panwaskec-Cigombong/HK.01/1/2018 tentang penetapan pengawas lapangan se-Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor,” kata Ketua Panwas Cigombong, Hendra Gunawan, Rabu (17/1/2018).

Hendra mengatakan, ke sembilan orang itu, resmi menjadi ketua Panitia Pengawas Lingkungan (PPL) desa dalam pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mulai dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat dan pemilihan bupati dan wakil bupati Bogor tahun 2018.

Meski sudah dilantik dan diambil sumpahnya, para ketua PPL akan diberikan bimbingan terlebih dahulu oleh panwas kecamatan sebelum melaksanakan tugasnya. Supaya nantinya PPL bisa berkoordinasi dengan panwas di tingkat kecamatan.

“Kalau tugas kerjanya selama 7 bulan dan dalam waktu itu PPL desa akan melakukan pengawasan tahapan pilkada seperti mengawasi verifikasi calon perseorangan independen, calon bupati Bogor dan juga pengawasan terhadap pantarlih atau petugas pendaftaran data pemilih (PPDP) yang memang harus mendapatkan pengawasan,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, para pengawas juga akan mengawasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai dari kepala desa, perangkat desa (PNS), TNI, Polri dan pejabat pemerintah agar mereka benar-benar netral dan tidak terlibat langsung dalam mensukseskan atau mengarahkan kepada salah satu calon kepala daerah. Karena semua sudah diatur dalam UU nomor 10 tahun 2016 dan UU nomor 7 tahun 2017 terkait pemilu dan pilkada.

Ia menjelaskan, pada pilkada tahun 2018 sekarang ada perbedaan dalam pelaksanaan penghitungan suara. Dimana, pada pilkada sebelumnya kotak suara dihitung di masing masing TPS dan dibawa ke desa. Akan tetapi, sekarang berbeda. Kotak suara dari masing-masing TPS langsung dibawa ke kecamatan tidak dibawa dulu ke desa.

Sementara, Camat Cigombong, Basrowi berharap para ketua PPL desa yang sudah dilantik bisa bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai panitia pengawas lingkungan (PPL). Agar pelaksanaan pilkada bisa berjalan secara baik, sukses, aman, tertib serta menjaga netralitas.

“Saya berharap di tahun politik ini, masyarakat di kecamatan Cigombong bisa menyambutnya dengan kebersamaan dan mengedepankan persatuan dan kesatuan agar pelaksanaan pemilu pilkada itu sendiri bisa berjalan sukses dan aman,” pungkasnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: