Serentak di Kota Bogor, 1.785 PTPS Resmi Dilantik 

B-CHANNEL,KOTA BOGOR – Sebanyak 1.785 anggota pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) di Kota Bogor secara serentak resmi dilantik Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bogor Minggu (03/06/18). Para pengawas, siap bekerja mengawasi jalannya pesta demokrasi di Pilkada Kota Bogor 2018, mulai pada saat pencoblosan, mereka juga bertugas untuk mengawasi proses persiapan hingga penghitungan suara di masing-masing TPS.

Komisioner Panwaslu Kota Bogor Ahmad Fathoni mengatakan, PTPS mulai bekerja usai dilantik. Sebelum pencoblosan, mereka bertugas mengawasi kampanye hingga hari tenang, mengawasi netralitas PNS, mengawasi persiapan TPS, mengawasi distribusi logistik dan perlengkapan pemilu untuk sampai pelaksanaan pemungutan serta penghitungan suara.

“Jadi PPL akan sedikit terbantukan dengan adanya PTPS ini,” ujarnya kepada usai pelantikan.

Meski dilakukan serentak, sambungnya, pelantikan dilakukan di lokasi berbeda-beda. Untuk Tanah Sareal di Hotel Sahira, Bogor Barat di Rumah Makan Sekarwangi, Bogor Selatan di Bukit Gumati Batu Tulis, Bogor Utara di Cico Resort, Bogor Tengah di Hotel Onih dan Bogor Timur Hotel Agria.

“Jumlah PTPS sama dengan jumlah TPS yakni 1.785 terdiri dari Tansa 404 orang, Bogor Barat 344 orang, Bogor Selatan 325 orang, Bogor Utara 303 orang, Bogor Tengah 209 orang dan Bogor Timur 200 orang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Tanah Sareal Anto Siburian mengungkapkan, di wilayahnya ada daerah khusus yang mendapatkan perhatian. Yakni di Kedung Badak dan Sukadamai.

“Khususnya di Kedung Badak yang memiliki 68 TPS terbanyak di Kecamatan Tansa dan juga ada Sukadamai yang riskan memang dari dulu kita selalu pemetaan disana biasanya masalah antara peserta dan penyelenggara,” ungkapnya.

Karena PTPS merupakan yang pertama kali ada dalam penyelenggaraan pemilu, tambah Anto, diharapkan penyelenggaraan bisa sukses dan lancar.

“Mereka ini adalah ujung tombak dari panwas karena terjun langsung di lapangan,” pungkasnya.

 

 

Reporter/foto: Mahfuzh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: