Tinjau Lokasi Bencana, Pangdam III Siliwangi Sumbang 35 Ribu Pohon

B-CHANNEL, CARINGIN – Pangdam III Siliwangi, Jawa Barat, Mayor Jendral (Mayjen) Doni Munardo, melakukan kunjungan ke lokasi bencana di Kampung Maseng, Desa Warung Menteng, Kecamatan Cijeruk, Sabtu, (10/2/2018).

Pangdam bersama jajarannya tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 WIB, dan langsung bincang-bincang dengan pihak dinas terkait. Kemudian diteruskan berjalan kaki menyusuri rel kereta api untuk melihat kondisi titik dimana terjadinya bencana longsor dengan didampingi Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Infantri, Fransisco.

“Pagi tadi, Pangdam III Siliwangi berkunjungan ke lokasi bencana, mulai dari Puncak sampai dengan di lokasi Cijeruk ini. Tujuannya, guna melihat kondisi daerah bencana serta mau tahu penyebab-penyebabnya. Setelah dilihat ternyata ada kerusakan alam yang membuat bencana itu terjadi,” kata Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Infantri Fransisco.

Karena itu, sambung Dandim, Pangdam menghimbau kepada semua masyarakat agar selain membangun infrastruktur buatan juga harus membangun infrastrutur alam melalui penaman pohon. Manfaatnya, supaya bisa mengimbangi kondisi tanah,” ujarnya.

Dalam hal ini, Pangdam memberikan bantuan bibit pohon berjenis Mani’i untuk ditanam di semua lokasi yang kemungkinan akan terjadi longsor ataupun rawan longsor.

“Kalau jumlahnya ada sekitar 35 ribu pohon, sedangkan bibitnya satu karung. Untuk bibit pohon ini ukurannya kecil yakni sebesar biji kopi,” ucapnya.

Ia berharap, bibit pohon ini bisa dibagikan ke masyarakat, terutama yang tinggal atau berada di lokasi yang di anggap rawan bencana. Mengingat, selain tidak mudah rentan terhadap cuaca tropis, juga bisa ditanam disemua medan.

“Karakter dari pohon ini mempunyai akar yang cukup kuat untuk menahan tanah. Bahka, daunnya juga bisa dijadikan pakan ternak buat kambing atau sapi,” tuturnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: