TPHP: Petani Dibogor Harus Menjaga Kualitas Tanaman Hortikultura

B-CHANNEL, CIGOMBONG – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Bogor, melalui Kepala Bidang (kabid) Hortikultura dan UPT TPHP wilayah Caringin meminta kepada para petani untuk bisa mempertahankan hasil pengembangan pertanian tanaman hortikultura berupa tanaman buncis.

“Ini dimaksudkan untuk membangun kemitraan antara petani dengan para investor selaku mitra tani yang akan berinvestasi dengan para kelompok tani,”ujar Kabid Hortikultura Ida Sriwidaningsih (08/01/17)

Menurutnya, petani di Kabupaten Bogor sebenarnya sangat potensial bahkan sudah di rekomendasikan. Namun, karena masih ada ketidak sesuaian terutama dalam pengembangan bibit buncis yang terlalu panjang, maka para mitra tani banyak yang membatalkan investasinya dengan petani.

“Karenanya, kami berharap para petani yang ada diwilayah Cigombong dan caringin tetap bisa mengembangkan dan menjaga kualitas hasil pertaniannya. Apalagi potensi pertanian baik di kecamatan Cigombong maupun di Caringin sangat baik, “ujarnya.

Ia menambahkan, dengan adanya mitra tani, harga pertanian khususnya buncis diyakini tidak akan jatuh yang dapat menyebabkan kerugian di pihak para petani. Meskipun diakui harga pasti turun tapi itu tidak terlalu jauh.

“Makanya, berharap mitra kita ini nanti akan mengambil hasil panen setiap hari 5 ratus kilogram. Jadi, petani tak perlu jauh membawa hasil panennya, “harapnya.

Senada Kepala UPT TPHP wilayah Caringin Udung Saidun yang berharap dengan kemitraan ini bisa mensejahtrakan para petani di wilayahnya. Sehingga kehidupan para petani dapat hidup layak sesuai dengan kerja keras mereka ketika mengolah lahannya.

“Saya optimis, ada keuntungan yang di dapat dengan kemitraan ini. Sebab bisa menguntungkan para petani, sehingga harapan kedepanya petani bisa hidup lebih layak lagi, dan lebih sejahtra,”terangnya.

 

Reporter/Foto : Agus Sudrajat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: