Wow, Ternyata Alquran Dari Baja dan Terberat di Dunia Ada di Bogor

Reporter/Foto: Andi M Ridwan

 

B-CHANNEL – Alquran besar dengan berat 1,2 ton yang terbuat dari lempengan baja, menjadi koleksi ekslusif dan istimewa yang dimiliki Yayasan Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School, yang berlokasi di Jalan Nurul Iman No.01 Rt.01/01 Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

picsart_06-08-02-56-11

Diceritakan oleh Ust. Ibnu Muti selaku Ketua Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman, Alquran yang diklaim sebagai yang terberat di dunia ini, digagas oleh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syeh Abu Bakar bin Salim selaku pendiri dari Ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman. Karena kecintaannya kepada Alquran, bersama sembilan ulama dari Jawa dibuatlah Alquran tersebut dengan lama pembuatan selama lima tahun dimulai pada tahun 1985 hingga 1990.

Dalam proses pembuatannya, ke sembilan ulama diatas dalam keadaan suci dan berpuasa. Prosesnya pun cukup lama, karena ditulis langsung dengan tangan pada kertas cetakan kemudian dicetak pada lembar baja menggunakan cat berkualitas tinggi sehingga huruf Alquran bisa tahan hingga ratusan tahun.

picsart_06-08-03-02-56

“Alquran ini, terdiri dari 306 lembar baja berisi 30 juz dengan berat keseluruhan 1,2 ton. Satu lembarnya berukuran 1,2×1,5 meter dengan tebal 3 mm. Pembuatannya dibuat di Bintaro, Jakarta, dengan menghabiskan dana hingga Rp 500 juta,” jelasnya saat ditemui Kamis (8/06/17).

Ia melanjutkan, pada tahun 1990, Alquran tersebut dibawa ke Ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman agar para santri bisa merawat dan menjaganya. Sejak saat itu, Alquran koleksi Habib Saggaf makin bertambah mulai dari Alquran terkecil sampai Alquran terberat di dunia.

picsart_06-08-03-05-15

Tidak hanya itu, keberadaan Alquran tersebut ternyata juga menarik perhatian sejumlah pihak yang ingin memilikinya. Bahkan, Alquran ini pernah hendak dibeli dengan harga yang cukup tinggi oleh mantan Presiden Indonesia alm Gus Dur atau Abdurrahman Wahid, namun oleh Habib Saggaf tidak di lepas.

“Dengan adanya Alquran terberat ini, menjadi sebuah motivasi besar bagi seluruh santri di pondok pesantren untuk menghafalkannya. Karena Alquran merupakan pedoman, patokan dan juga rujukan bagi umat islam,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: